Fitur-fitur utama pada layanan web hosting

Agak sedikit sulit menentukan judul untuk artikel kali ini agar sesuai dengan konten dan dapat ditangkap maksudnya dengan baik. Artikel ini lebih menekankan pada fitur-fitur utama yang terdapat di semua layanan web hosting yang diperlukan oleh situs baru (blog, website, e-commerce dan lain sebagainya). Artikel ini mungkin lebih tepat ditujukan kepada Anda yang baru pertama kali situsnya akan online, namun juga tidak menutup kemungkinkan untuk siapapun yang ingin mendapatkan gambaran umum tentang layanan web hosting.

Sederhananya, web hosting adalah layanan yang menyediakan ruang (space) di internet untuk situs Anda. Jika Anda mempunyai situs dan ingin orang lain dapat mengakses atau melihatnya, maka Anda harus mengunggah (upload) file-file situs Anda ke web hosting. Tentu saja untuk bisa mengunggah semua file situs, Anda harus menyewa terlebih dahulu web hosting. Di Indonesia sudah ada cukup banyak penyedia layanan web hosting yang bisa digunakan.

Setiap penyedia layanan web hosting pada umumnya telah menyediakan paket-paket web hosting yang bisa dipilih untuk digunakan. Antara paket yang satu dengan paket lainnya biasanya memiliki perbedaan terkait dengan fitur dan kapasitas. Hapir semua layanan web hosting akan menampilkan semua daftar fitur yang ada di layanannya. Yang perlu diketahui adalah ada fitur yang berlaku umum dan terdapat di semua paket-paket web hosting yang ditawarkan dan ada pula fitur utama yang tentunya memiliki perbedaan untuk setiap paketnya, terutama terkait dengan kapasitas yang diberikan.

Nah sekarang bagaimana menentukan paket web hosting mana yang harus diambil? Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan terkait fitur utama sebelum mengambil paket hosting yang ditawarkan oleh sebuah layanan web hosting. Pertimbangan fitur utama ini terkait langsung dengan situs Anda sendiri. Fitur utama yang menjadi pertimbangan dalam menentukan paket web hosting antara lain kapasitas penyimpanan (space), layanan email, jumlah situs yang online, volume lalu lintas dan juga technical support.

1. Kapasitas penyimpanan.

Kapasitas penyimpanan (space) umumnya bervariasi untuk masing-masing paket web hosting yang ditawarkan. Kembali lagi ke situs yang Anda miliki apakah memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar atau tidak. Kebutuhan kapasitas penyimpanan bisa berbeda untuk masing-masing tipe situs. Nah sekarang, apa tipe situs Anda, apakah blog, e-commerce atau website yang memberikan layanan unduh dan unggah (download and upload) file?

Blog umumnya dijalankan oleh individu. Blog sederhana lebih dominan dengan konten teks dan terkadang memiliki satu atau dua gambar pendukung. Blog semacam ini belum memelukan kapasitas penyimpanan yang besar. E-commerce (toko online) dan website yang memberikan layanan unduh dan unggah file tentu saja membutuhkan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar. Untuk blog, Anda dapat memulai dengan pilihan paket yang paling bawah, sedangkan untuk e-commerce dan website dengan layanan unduh dan unggah file dapat menggunakan paket menengah ke atas.

2. Layanan email.

Masing-masing paket web hosting yang ditawarkan biasanya memberikan batasan jumlah akun email yang bisa dibuat. Sekarang Anda dapat mempertimbangkan kembali berapa kebutuhan pada akun email. Sebuah Blog umumnya tidak memerlukan banyak akun email atau bahkan tidak memerlukan sama sekali, sedangkan e-commerce biasanya memerlukan banyak akun email misalnya email khusus billing, email pengaduan, email marketing dan sebagainya. Pilihan paket web hosting paling bawah biasanya membatasi jumlah akun email yang bisa dibuat, sedangkan paket diatasnya biasanya tidak membatasi jumlah akun email (unlimited).

3. Jumlah situs yang online.

Anda mungkin berfikir bahwa satu akun web hosting hanya untuk satu situs. Sebenarnya tidak selalu demikian dan juga tergantung dari paket web hosting yang Anda pilih. Satu akun web hosting bisa juga digunakan untuk beberapa situs bila paket web hosting menawarkan fitur tersebut. Satu akun web hosting untuk beberapa situs dimungkinkan dengan adanya fitur add-on domain dan sejenisnya. Fitur add-on domain ini biasanya mulai ditawarkan untuk paket web hosting tertentu, namun jarang atau bahkan tidak ditawarkan untuk pilihan paket web hosting yang paling bawah.

4. Volume lalu lintas.

Volume lalu lintas situs Anda berhubungan dengan fitur bandwidth terutama terkait dengan kapasitasnya. Bila situs Anda masih baru dan belum memiliki banyak pengunjung, memilih paket web hosting yang paling bawah dan memiliki keterbatasan bandwidth tertentu juga sudah dirasa cukup. Bila situs Anda mempunyai banyak pengunjung, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan paket web hosting menengah ke atas. Paket web hosting menengah ke atas biasanya sudah menawarkan bandwidth yang unlimited.

5. Technical support.

Technical support (dukungan teknis) layak menjadi pertimbangan. Ketika Anda sudah menggunakan layanan web hosting dari salah satu penyedia (provider) yang paling bagus sekalipun, ini tidak menjamin bahwa segala sesuatunya akan berjalan baik dan lancar. Seiring waktu, Anda akan mendapati masalah seperti situs yang tidak bisa diakses, update situs gagal yang menyebabkan situs mengalami error, akses ke situ tiba-tiba menjadi lambat dan lain sebagainya. Pendeknya, akan ada saat dimana Anda mengalami masalah yang terkait dengan situs dan juga layanan web hosting.

Disinilah technical support dari penyedia layanan web hosting berperan. Ketika Anda mengalami masalah dengan situs atau layanan web hosting, Anda dapat meminta bantuan kepada technical support. Cari layanan web hosting yang benar-benar memberikan dukungan teknis selama 24 jam dengan teknisi yang handal dan mumpuni. Biasanya, Anda dapat mengetahui ini semua setelah menggunakan layanan tersebut, namun Anda bisa mencari informasi melalui internet atau bertanya ke teman yang sudah menggunakan layanan web hosting yang juga akan Anda gunakan.