Mengenal addon domain

Pada suatu hari, seorang teman menelpon dan memberitahu akan membuat akun hosting baru di layanan hosting yang sama dengan sebelumnya. Dia mengatakan akan membuat blog baru dan akun hosting ini untuk blog barunya. Seingat penulis saat itu, Dia mengambil paket hosting Advance untuk blog pertamanya. Salah satu fitur di paket hosting tersebut adalah addon domain yang unlimited.

Penulis kemudian menjelaskan kepadanya bahwa tidak perlu membuat akun hosting lagi untuk blog barunya. Dengan fitur addon domain, blog baru bisa ditambahkan di akun hosting yang sudah ada bersama sama dengan blog sebelumnya. Yang perlu dilakukan adalah cukup mendaftarkan nama domain untuk blog barunya. Meskipun agak bingung dan ragu, dia akhirnya hanya mendaftarkan nama domain untuk blog barunya.

Setiap penyedia layanan hosting memiliki nama paket hosting sendiri. Setiap paket hosting juga menawarkan fitur yang berbeda. Tergantung keperluan dan anggaran, Anda sendiri yang dapat menentukan paket hosting mana yang paling pas dan sesuai. Bila Anda mengambil paket hosting menengah ke atas, biasanya sudah menawarkan fitur addon domain yang unlimited.

Fitur addon domain memungkinkan Anda menjalankan dua atau lebih blog atau website di satu akun hosting. Anda tidak perlu membuat akun hosting baru untuk blog atau website baru. Addon domain adalah domain kedua, ketiga dan seterusnya yang dapat Anda tambahkan di akun hosting dan menyerupai domain utama. Ketika addon domain dibuat, folder baru untuk addon domain tersebut dibuat di dalam direktori public_html.

Misalnya, Anda ingin membuat blog atau website kedua, Anda dapat mengunggah (upload) file blog atau website Anda tersebut ke folder dari addon domain. Bila Anda berencana membuat blog atau website ketiga, Anda dapat membuat addon domain kembali dan mengunggah file blog atau website tersebut ke folder dari addon domain ketiga dan begitu seterusnya.

Addon domain dan domain utama menggunakan sumberdaya server yang diperoleh secara bersama-sama seperti pemakaian bandwidth dan disk space. Oleh karena itu, sebelum menambahkan addon domain baru, perlu dipertimbangkan ketersediaan bandwidth dan disk space. Selain itu, pengelolaan addon domain dan domain utama juga menggunakan panel kontrol (cPanel) yang sama.

Pemanfaatan addon domain sebenarnya memberikan kemudahan dan keuntungan sekaligus. Anda cukup menggunakan cPanel yang sama untuk mengelola beberapa blog atau website. Anda juga tidak perlu membuat akun hosting baru bila ingin membuat blog atau website baru sehingga akan menghemat biaya. Strateginya, Anda dapat memilih paket hosting yang sedikit lebih tinggi namun memiliki banyak fitur unlimited dan kemudian memanfaatkan addon domain.

Blog umumnya dikelola oleh individu. Blog sekarang ini banyak digunakan untuk mencari penghasilan, baik sebagai sampingan atau yang dikelola secara profesional. Salah satu sumber penghasilan dari blog adalah afiliasi Google Adsense. Untuk memaksimalkan pendapatan dari Google Adsense, salah satu strategi yang digunakan Blogger adalah memperbanyak jumlah blog. Nah, pemanfatan addon domain akan memberikan keuntungan bagi para Blogger.

Membuat addon domain tidaklah sulit, terlebih untuk Anda yang sudah terbiasa dengan cPanel. Karena pembuatan addon domain melalui cPanel, maka akan memiliki kesamaan antarmuka pengguna (user interface) antara penyedia layanan hosting satu dengan yang lain. Berikut ini adalah cara membuat addon domain sebagai domain tambahan dari domain utama:

Masuk terlebih dahulu ke akun cPanel Anda, di bagian Domains, klik Addon Domains.

Mengenal addon domain

Berikutnya, isikan nama domain Anda, misalnya "blogku.com", di kotak teks New Domain (1), isikan "blogku" di kotak teks Subdomain (2), kotak teks Document Root akan secara otomatis terisi namun Anda bisa merubah nilainya bila diinginkan, misalnya dengan menghilangkan "public_html/" (3) dan kemudian klik tombol Add Domain (4).

Mengenal addon domain

Selanjutnya, Anda dapat mengunggah (upload) file-file blog atau website kedua Anda ke folder addon domain yang baru dibuat yaitu"/public_html/blogku.com".