Cara mengamankan nama domain

Secara sederhana, nama domain adalah alamat sebuah website. Ketika ingin mengakses website, seseorang perlu mengetikkan nama domain disertai dengan ekstensinya di bilah alamat (address bar) dari browser yang digunakan atau bisa juga melalui klik tautan (link) yang mengarah ke website tersebut. Keberadaan Website sangat penting dalam kesuksesan bisnis dan nama domain yang digunakan adalah juga identitas dari bisnis tersebut.

Dalam kegiatan bisnis, interaksi yang cepat dan tepat sangat diperlukan. Selain interaksi langsung, website juga dijadikan sarana untuk berinteraksi dengan pelanggan atau mitra. Ketika pola interaksi sudah mulai bergeser mengarah ke digital, Anda benar-benar akan mengandalkan keberadaan website. Dengan demikian, nama domain dari website tersebut akan menjadi sesuatu yang sangat bernilai, menjadi aset penting sebagaimana aset penting lainnya dari suatu perusahaan.

Nama domain membawa brand bisnis dan digunakan untuk tujuan branding. Membuat nama domain yang membawa brand bisnis bukan sesuatu yang mudah. Masalah juga bisa muncul ketika nama domain sudah tidak tersedia lagi karena sudah dimiliki orang lain. Oleh karena itu, banyak orang atau perusahaan berani membayar mahal untuk bisa mendapatkan nama domain yang sudah dimiliki orang lain.

Banyak pelaku bisnis tidak memberikan perhatian pada bagaimana menjaga agar nama domain tetap aman. Nama domain juga tidak lepas dari ancaman atau serangan hacker atau scammer. Bagaimana jadinya bila hacker atau scammer tersebut mendapatkan akses untuk melakukan update nameserver atau mentransfer domain, bisa jadi website akan hilang atau bisa saja dialihkan (redirect) ke website lain. Bila demikian yang terjadi, reputasi dan kepercayaan bisnis Anda bisa menjadi taruhannya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga nama domain tetap aman:

1. Lakukan perpanjangan domain segera.

Nama domain mempunyai masa pakai tergantung periode waktu yang dipilih apakah satu, dua, tiga atau lima tahun. Bila masa pakai habis, perlu diperpanjang kembali. Bila belum diperpanjang setelah tanggal masa pakai habis, beberapa registrar memberikan waktu 27 hari untuk melakukan perpanjangan dengan tarif normal. Bila masih belum diperpanjang, nama domain akan masuk ke "redemption stage" selama 30 hari dan persiapan untuk dilelang.

Kegagalan melakukan perpanjangan adalah cara termudah hilangnya domain. Meskipun Anda mendapatkan informasi atau pemberitahuan terkait perpanjangan domain melalui email, mengulur waktu atau menunda-nunda perpanjangan cukup beresiko. Bila masa pakai domain habis, website dan layanan email akan berhenti berfungsi.

2. Menjaga catatan registrasi dan informasi kontak akurat.

Sangat penting untuk menjaga semua catatan dan informasi kontak Anda selalu up-to-date (terkini) dan akurat sepanjang waktu. Catatan registrasi menunjukkan siapa yang mempunyai hak atas nama domain tersebut dan informasi kontak sangat diperlukan bila ada notifikasi penting terkait domain Anda dan juga untuk maksud memverifikasi kepemilikan nama domain. Anda dapat segera menghubungi pihak registrar bila memang ada perubahan untuk dilakukan penyesuaian.

3. Lakukan penguncian nama domain.

Di artikel Pengalaman Melakukan Transfer Domain Dari Layanan Hosting Lama Ke Niagahoster, salah satu syarat untuk melakukan tranfer domain adalah membuka nama domain (unlock domain name). Dengan mengunci (lock) nama domain, transfer nama domain yang tidak sah ke registrar lainnya dapat dicegah. Seseorang yang mencoba melakukan transfer nama domain ke pihak lain perlu membuka terlebih dahulu nama domain yang ingin ditransfer.

4. Gunakan Domain Privacy.

Ketika mendaftarkan nama domain, informasi terkait Anda sebagai registrant nama domain akan tersedia secara publik dan gratis melalui catatan WHOIS. Siapapun yang mempunyai kepentingan dapat mengetahui rincian informasi kontak Anda. Seseorang yang berniat jahat dapat memanfaatkan ini dengan meniru identitas Anda dan kemudian mencoba melakukan transfer nama domain ke pemilik baru.

Anda dapat menggunakan layanan Domain Privacy untuk mencegah informasi kontak Anda sebagai registrant tersedia secara publik. Layanan Domain Privacy ini biasanya juga ditawarkan oleh pihak registrar nama domain dengan biaya yang sangat terjangkau.

5. Gunakan Domain Monitoring.

Domain monitoring adalah layanan yang membantu Anda memantau status nama domain. Layanan Domain Monitoring akan memberitahu Anda melalui email ketika nama domain sudah mendekati kadaluarsa (expired) atau ketika pengaturan domain mengalami perubahan. Layanan Domain Monitoring ini memungkinkan Anda mengawasi nama domain yang Anda miliki dengan lebih cermat