Petunjuk memilih web hosting bagus dan berkualitas

Web hosting adalah sebuah layanan yang menyediakan ruang (space) di internet untuk web (blog, website, ecommerce atau online shop) agar bisa diakses secara online. Di Indonesia sendiri, sudah cukup banyak penyedia layanan web hosting yang bermunculan. Dengan banyaknya pilihan penyedia layanan web hosting, tentu akan menimbulkan kebingungan tersendiri untuk mereka yang sedang mencari layanan web hosting yang bagus.

Apabila diamati, untuk harga paket web hosting yang hampir sama, setiap penyedia layanan web hosting juga menawarkan fitur yang tidak jauh berbeda. Untuk Anda yang baru menggunakan layanan web hosting tentu akan menganggap bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara penyedia layanan web hosting satu dengan lainnya. Dengan kata lain, Anda akan menganggap bahwa semua penyedia layanan web hosting sama bagus, tidak menjadi masalah mana yang harus dipilih.

Untuk mendapatkan layanan web hosting yang bagus tidak bisa asal pilih. Meskipun dengan harga yang sama setiap penyedia layanan web hosting menawarkan fitur yang hampir sama, bukan berarti semua penyedia layanan web hosting sama bagus. Anda tidak bisa mendasarkan layanan web hosting yang bagus hanya pada fiturnya saja, ada beberapa hal lain seperti dukungan pelanggan (customer support) dan uptime yang perlu juga dipertimbangkan.

Fitur-fitur umum sebuah web hosting dapat dilihat dengan mudah sebagai daftar panjang di setiap layanan web hosting yang Anda kunjungi, namun tidak semua penyedia layanan web hosting memberikan jaminan uptime sebagai salah satu keunggulan layanan mereka. Tambahan satu keunggulan yang tidak ditemukan di layanan web hosting lainnya adalah indikator pembeda yang tentunya lebih bagus dibandingkan dengan lainnya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih web hosting yang bagus dan berkualitas:

1. Uptime.

Uptime dapat didefinisikan sebagai lamanya waktu sebuah web server tetap berfungsi atau dapat digunakan. Uptime biasanya ditulis menggunakan persentase. Idealnya atau harapannya, uptime seharusnya 100% artinya server web terus berfungsi tanpa pernah mengalami masalah sehingga web dapat terus diakses online. Namun demkian, dalam dunia nyata, hal tersebut sangat sulit dicapai.

Uptime menjadi salah satu ukuran seberapa bagus layanan web hosting tersebut. Semakin tinggi persentase uptime yang dijanjikan penyedia layanan web hosting, semakin besar pula web Anda tersedia untuk diakses online. Semakin besar web Anda tersedia online, akan semakin kecil kerugian yang Anda tanggung dan begitu pula sebaliknya.

2. Dukungan pelanggan.

Seiring waktu, Anda akan mendapati masalah seperti web tidak bisa diakses, update gagal yang menyebabkan web error, akses ke web tiba-tiba lambat dan sebagainya. Pendeknya, ada saat dimana Anda akan mendapati masalah terkait web Anda sendiri atau dengan layanan web hosting yang Anda gunakan. Demikian juga bila Anda baru pertama kali berhubungan dengan web hosting, tentu ada banyak hal yang akan Anda tanyakan.

Disinilah dukungan pelanggan (customer support) dari penyedia layanan web hosting berperan. Ketika Anda mengalami masalah atau ada yang ditanyakan, Anda dapat meminta bantuan kepada dukungan pelanggan ini. Dengan demikian, Anda perlu mencari layanan web hosting yang benar-benar bisa memberikan dukungan pelanggan selama 24 jam, yang dapat dihubungin setiap waktu dan memberikan respon cepat.

3. Kompatibilitas.

Web hosting linux adalah layanan web hosting yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Di hosting linux sudah ada beberapa software utama berbasis linux seperti Apache Web Server, PHP, Perl dan MySQL. Bila Anda membuat web menggunakan CMS berbasis bahasa PHP seperti Joomla, CMS Joomla memerlukan versi PHP terbaru untuk mendapatkan performa terbaiknya atau versi minimal PHP yang disyaratkan.

Pastikan layanan web hosting yang digunakan menyediakan versi PHP terbaru atau versi minimal PHP yang disyaratkan. Tidak semua layanan web hosting menyediakan versi PHP terbaru. Kecenderungan penyedia layanan web hosting belum menyediakan versi PHP terbaru adalah karena masalah biaya. Pengadaan versi PHP terbaru membutuhkan biaya dan ini yang berusaha untuk dihindari.

4. Penyimpanan dan bandwidth.

Semua jenis web (blog, website, ecommerce atau online shop) memerlukan dua fitur ini. Ini adalah fitur yang dianggap vital dan biasanya digunakan oleh penyedia layanan web hosting untuk menarik pelanggan baru dengan menawarkan ruang penyimpanan dan bandwitdh lebih besar untuk harga yang relatif sama. Di sini nampaknya Anda perlu menggunakan prinsip-prinsip ekonomi yaitu pengeluaran yang sekecil-kecilnya untuk ruang penyimpanan dan bandwidth yang sebesar-besarnya.

Besarnya ruang penyimpanan dan bandwidth yang diperlukan sebenarnya tergantung dari besarnya file web dan database serta jumlah pengunjung web. Bila file web dan database cukup besar, Anda membutuhkan ruang penyimpanan di web hosting yang besar pula. Demikian juga bila jumlah pengunjung web Anda cukup banyak, Anda membutuhkan bandwidth yang bersar pula.