Terkait dengan situs (blog atau website), IP address adalah serangkaian angka, misalnya 119.234.255.43, yang seharusnya digunakan oleh pengunjung untuk mengakses suatu situs. Anda bisa bayangkan bagaimana seandainya pengunjung harus mengingat IP address tersebut dan juga IP address lain untuk situs lainnya. Anda tidak akan dapat mengingat banyak IP Address situs dan butuh catatan untuk bisa mengingat lebih banyak lagi.

Karena pertimbangan sulitnya mengingat IP Address, maka diperkenalkanlah Domain Name System (DNS). DNS ini membolehkan pengunjung situs untuk mengakses situs menggunakan nama yang lebih mudah diingat oleh manusia. Nama inilah yang dimaksud dengan nama domain (nama domain). Misalnya, Anda akan lebih mudah mengakses blog ini menggunakan nama domain "termasmedia.com" daripada menggunakan alamat IP seperti "119.234.255.43".

Nama domain ditujukan untuk memberikan kemudahan kepada Anda, sedangkan alamat situs yang Anda kunjungi tetap menggunakan IP address. Pemetaan nama domain ke IP address yang bersesuaian ini adalah menjadi tugas DNS. Di Microsoft Windows, bila ingin mengetahui IP address dari nama domain tertentu, Anda dapat menggunakan Command Prompt. Berikut ini adalah caranya:

Jalankan terlebih dahulu Command Prompt. Anda beberapa cara untuk menjalankan Command Prompt. Anda dapat mempelajarinya di artikel Beberapa Cara Mengakses Atau Menjalankan Command Prompt Di Microsoft Windows 10

Di jendela Command Prompt yang muncul, ketikkan "NSLOOKUP nama-domain", misalnya "NSLOOKUP termasmedia.com" (1) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Di bagian bawah, Anda dapat melihat IP address untuk nama domain tersebut (2).

Mengkonversi nama domain IP address

Selain menggunakan perintah NSLOOKUP di Windows Command Prompt, ada cukup banyak konverter online yang bisa Anda gunakan, misalnya whatismyipaddress.com, tools.keycdn.com, domaintoipconventer.com, hcidata.info dan lain sebagainya.