Umumnya, sebuah unit komputer akan memiliki lebih dari satu browser (peramban) terinstal di dalamnya. Bagi sebagain orang, hal ini mungkin disebabkan karena setiap browser memiliki fitur unggulan yang berbeda atau mungkin juga karena adanya dukungan terhadap banyak ekstensi. Bagi seorang pengembang web, mempunyai lebih dari satu browser adalah keharusan. Semua skrip (kode) web yang dibuat harus diuji terlebih dahulu di lebih dari satu browser. Setiap browser kemungkinan akan menjalankan atau mengeksekusi skrip dan menampilkan hasil yang sedikit berbeda.

Bagi Anda yang suka bekerja dengan email, terkadang Anda juga akan menerima tautan (link) yang mengarah ke halaman web tertentu. Ketika Anda mengklik tautan tersebut, halaman web akan dibuka menggunakan browser default (standar) dari komputer yang Anda gunakan. Misalnya, apabila browser default adalah Internet Explorer, maka halaman web tersebut akan secara otomatis dibuka di Internet Explorer. Apabila Anda tidak ingin menjadikan Internet Explorer sebagai browser default, Anda dapat menentukan browser lainnya, misalnya Mozilla Firefox, sebagai browser default. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menjadikan Mozilla Firefox 20.0 sebagai browser default:

Jalankan browser Mozilla Firefox Anda, klik tombol Firefox yang ada di sudut kiri atas dan kemudian pilih menu Options.

Menjadikan Mozilla Firefox Sebagai Browser Default (standar)

Dari daftar submenu yang muncul, pilih atau klik submenu Options.

Menjadikan Mozilla Firefox Sebagai Browser Default (standar)

Dari kotak dialog Options yang muncul, pastikan Anda berada di panel Advanced dan kemudian klik tab General. Selanjutnya, klik tombol berlabel Make Firefox the default browser yang ada di area bawah kotak dialog dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK.

Menjadikan Mozilla Firefox Sebagai Browser Default (standar)

Baca artikel terkait lainnya: