Internet Explorer merupakan browser (peramban) buatan perusahaan pengembang perangkat lunak raksasa Microsoft untuk membuka halaman-halaman web. Ketika Anda menginstal sistem operasi Windows, browser Internet Explorer secara otomatis akan ikut terinstal. Saat menggunakan browser ini, mungkin Anda kurang bisa menerima pengaturan standar bawaan sehingga melakukan perubahan pengaturan yang menurut Anda akan menjadi lebih baik. Anda mungkin juga merasa tidak puas dengan fitur-fitur bawaan yang ada di Internet Explorer sehingga menambahkan beberapa ekstensi (add-on) tertentu.

Dengan melakukan berbagai perubahan pengaturan dan penambahan ekstensi-ekstensi, mungkin akan menyebabkan browser Internet Explorer tidak bekerja secara maksimal. Browser menjadi tidak stabil dan kemungkinan berjalan lambat. Tetapi Anda tidak perlu kawatir, Internet Explorer 10 memiliki fitur reset yang dapat menghilangkan perubahan yang pernah dilakukan (menghapus file-file sementara yang ada dan juga add-on tambahan) dan mengembalikan ke pengaturan standar. Untuk menggunakan fitur ini, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

Jalankan browser Microsoft Internet Explorer, klik tombol Tools (ikon Gear) yang ada di sudut kanan atas dan kemudian klik Internet options.

Mengembalikan browser Internet Explorer ke pengaturan standar

Dari kotak dialog Internet Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab Advanced dan kemudian tekan tombol Reset... yang ada di posisi bawah.

Mengembalikan browser Internet Explorer ke pengaturan standar

Dari kotak dialog Reset Internet Explorer Settings yang muncul, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Delete personal settings dan kemudian klik tombol Reset.

Mengembalikan browser Internet Explorer ke pengaturan standar

Browser Internet Explorer melakukan proses untuk mengembalikan ke pengaturan standar. Apabila sudah selesai, akhiri dengan mengklik tombol Close.

Mengembalikan browser Internet Explorer ke pengaturan standar