Banner Internet

Cara Menambahkan Tombol Home Di Peramban Chrome

Bagaimana Anda mengesankan peramban (browser) Google Chrome dengan peramban-peramban lain yang ada? Saat Anda menjalankan peramban ini, Google Chrome tampil sederhana dengan dasar putih tanpa banyak tombol (toolbar) yang kelihatan. Kesan sederhana ini akhirnya banyak diikuti oleh peramban-peramban lain dengan menghilangkan deretan tombol yang sebelumnya ada. Di balik kesederhanaannya, Google Chrome adalah perambah dengan kinerja terbaik bila dibandingkan peramban lainnya.

Kesederhanaan dengan kinerja terbaik bukan satu-satunya hal yang diinginkan oleh banyak orang. Terkadang orang akan sedikit sulit menerima perubahan saat mereka nyaman dengan yang sebelumnya. Hal ini terjadi pada Google Chrome dengan hilangnya tombol Home. Di saat peramban lain masih mempertahankan keberadaannya, Google Chrome berani untuk tidak menampilkannya. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah seberapa sering Anda memanfaatkan atau menggunakan tombol Home ini.

Di banyak peramban, tombol Home umumnya digunakan untuk kembali ke situasi awal dimana peramban pertama kali dijalankan. Ketika semua peramban modern saat ini menggunakan tab-tab, fungsi tombol Home sebenarnya sudah tergantikan. Membuka tab baru dirasa akan lebih baik dan menyenangkan. Walaupun pada akhirnya semua tergantung dari pengguna peramban itu sendiri, Google Chrome sebenarnya tidak menghilangkan tombol tersebut. Secara standar, tombol tersebut hanya tidak ditampilkan. Apabila Anda berkeinginan untuk menampilkan kembali tombol tersebut di peramban Chrome, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Buka peramban Google Chrome Anda. Klik tombol Customize and control Google Chrome (tombol dengan ikon tiga baris horisontal) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih submenu Settings.

Menambahkan Tombol Home Di Peramban Chrome

Di bagian Appearance, beri centang pada kota centang (check box) berlabel Show Home button dan kemudian klik tautan Change berwarna biru.

Menambahkan Tombol Home Di Peramban Chrome

Klik tombol radio button berlabel Open this page, isikan url yang Anda inginkan (dalam contoh ini adalah url yang mengarah ke kotak pencarian atau mesin telusur Google) dan kemudian tekan tombol OK. Setiap kali Anda mengklik tombol Home, halaman dari url ini akan ditampilkan.

Menambahkan Tombol Home Di Peramban Chrome

Anda dapat memperhatikan bahwa tombol Home (dengan ikon rumah) telah ditambahkan di peramban Chrome.

Menambahkan Tombol Home Di Peramban Chrome

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.