Banner Internet

Menonaktifkan (Disable) Autofill (Autocomplete) Di Google Chrome

Apa yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan peramban (browser) Google Chrome untuk mengisi form web seperti nama, alamat, email dan lain sebagainya? Sebagai contoh, Anda akan membuka akun gmail dengan terlebih dahulu login dengan mengetikkan email Anda. Ketika Anda mengetikkan satu atau beberapa huruf awal dari alamat email, Google Chrome dengan senang hati akan membantu dengan menampilkan autofill (autocomplete). Anda tinggal menggunakan autofill yang disediakan Google Chrome tanpa perlu meneruskan pengetikan alamat email sampai selesai. Proses login akan menjadi lebih cepat dan juga terhindar dari kesalahan pengetikan.

Secara standar, browser Google Chrome akan menyimpan semua informasi yang Anda masukkan ke dalam form web. Ketika suatu saat Anda kembali untuk mengisi form yang sama, informasi yang tersimpan tersebut akan ditampilkan sebagai autofill untuk memudahkan pengisian form. Walaupun fitur autofill tersebut sangat membantu, tetap ada isu privasi di sini. Anda tentu tidak akan nyaman ketika seseorang menggunakan komputer Anda, menjalankan browser Google Chrome untuk mengakses form yang sama. Ketika pengisian form dimulai, informasi Anda yang tersimpan juga akan ditampilkan sebagai autofill.

Untuk menghindari informasi yang tersimpan di browser Google Chrome terakses oleh orang lain, Anda perlu menonaktifkan (disable) fitur autofill. Browser Google Chrome menyediakan pengaturan yang dapat digunakan untuk maksud ini. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur outofill di browser Google Chrome:

Jalankan peramban (browser) Google Chrome, klik tombol Customize and control Google Chrome (tombol dengan ikon tiga buah garis horisontal) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih atau klik Settings.

Menonaktifkan autofill (autocomplete) di Google Chrome

Dari laman Settings yang muncul, geser tombol scrollbar ke bawah untuk menampilkan tautan Show advanced settings... dan kemudian klik untuk menampilkan pengaturan lanjutan.

Menonaktifkan autofill (autocomplete) di Google Chrome

Dengan memanfaatkan tombol scrollbar, pastikan Anda berada di bagian Passwords and forms dan kemudian hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Enable Autofill to fill out web forms in singgle click.

Menonaktifkan autofill (autocomplete) di Google Chrome

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.