Banner Internet

Cara Cepat Menambahkan Bookmark Di Browser Google Chrome

Apakah Anda sering kali mengunjungi sebuah situs atau beberapa situs tertentu? Mengetik sebuah alamat situs (url) di address bar setiap kali ingin mengunjungi sebuah situs yang sama merupakan cara yang kurang praktis. Hal ini menjadi semakin tidak praktis apabila situs yang akan dikunjungi ada beberapa. Anda dapat mengakses dengan lebih cepat suatu situs tanpa harus mengetikkan alamat situs di address bar sebuah browser (peramban) dengan menggunakan bookmark.

Bookmark diartikan sebagai sebuah link (tautan) ke website yang sering dikunjungi. Dengan menambahkan website dalam bentuk bookmark, Anda dapat mengunjungi situs tersebut dengan sekali klik tanpa harus mengetikkan alamat situs. Secara standar, bookmark tampil sebagai favicon (favorite icon) disertai dengan deskripsi singkat dari situs tersebut. Bookmark akan sangat membantu ketika Anda kembali mengunjungi halaman web sebuah situs dengan url yang sangat panjang dan sulit diingat. Berikut ini adalah langkah-langkah menambahkan bookmark di browser Google Chrome:

Jalankan browser Google Chrome dan buka situs yang sering Anda kunjungi dengan mengetikkan url di address bar browser Google Chrome (di contoh ini adalah situs portal detik.com).

Menambahkan bookmark di browser Google Chrome

Klik ikon bookmark berupa gambar bintang warna kuning (awalnya berwarna putih), rubah teks standar yang diberikan (usahakan tidak terlalu panjang) di kotak teks berlabel Name. Apabila di browser Google Chrome telah ada folder untuk mengelompokkan bookmark, Anda juga dapat menentukan folder dari bookmark yang sedang dibuat. Klik tombol Done untuk mengakhiri

Menambahkan bookmark di browser Google Chrome

Anda sekarang dapat melihat bookmark situs portal detik.com telah ditambahkan di bookmark bar (apabila Anda tidak menentukan folder lain untuk tempat menyimpan bookmark tersebut).

Menambahkan bookmark di browser Google Chrome

Agar bookmark bar selalu ditampilkan di semua tab-tab browser Google Chrome, klik tombol Customize and control Google Chrome, pilih atau klik menu Bookmarks dan selanjutnya klik submenu Show bookmarks bar untuk memberi centang.

Menambahkan bookmark di browser Google Chrome

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.