Internet dapat dikatakan sebagai perpustakaan terbesar dunia yang berisi banyak sekali informasi. Ketika ingin mendapatkan suatu informasi dari internet, Anda akan mengetikkan kata-kata kunci di mesin telusur (search engine). Mesin telusur akan menampilkan hasil di web browser sesuai dengan kata kunci yang telah diberikan. Dari sekian banyak hasil pencarian yang ditampilkan di web browser, Anda dapat memilih satu atau lebih link (tautan) dari daftar judul artikel yang ditampilkan yang sesuai dengan kata kunci untuk menampilkan informasi selengkapnya.

Informasi yang dihasilkan dapat berasal dari berbagai situs dengan domain berbeda, misalnya .com, .net, .edu, .biz, .info dan lain sebagainya. Tetapi pernahkah Anda berfikir atau berharap untuk mencari sumber informasi di internet dan mengharapkan mesin telusur hanya menampilkan hasil pencarian dari situs dengan domain tertentu? Anda dapat melakukan hal ini dengan memanfaatkan fitur lanjutan dari mesin telusur. Anda dapat menerapkan fitur ini di mesin telusur Google, Bing maupun Yahoo. Berikut ini adalah contoh bagaimana mendapatkan informasi dari situs-situs yang hanya menggunakan domain .net.

Jalankan browser Google Chrome atau yang lain dan ketikkan kata atau kalimat yang informasinya ingin dicari.

Menampilkan hasil pencarian dari domain situs tertentu

Tambahkan spasi dan ketik site:.net di belakang kata, frase atau kalimat yang telah Anda berikan sebelumnya dan kemudian tekan tombol keyboard Enter untuk menampilkan hasil.

Menampilkan hasil pencarian dari domain situs tertentu

Anda dapat memperhatikan hasil yang ditampilkan oleh pencarian mesin telusur adalah informasi yang relevan dengan kata, frase atau kalimat yang Anda masukkan sebelumnya dan berasal dari situs atau website yang mempunyai domain .net. Anda dapat mencoba lagi pencarian informasi dari situs-situs dengan domain selain .net dan mengganti mesin telusur selain Google, misalnya mesin telusur Bing atau Yahoo.

Menampilkan hasil pencarian dari domain situs tertentu

Baca artikel terkait lainnya: