Banner Internet

Menempatkan Tab Di Bawah Address Bar Di Browser Mozilla Firefox

Di browser (peramban) Mozilla Firefox versi terdahulu, Anda dapat dengan mudah melakukan perubahan (customize) posisi tab-tab agar berada di bawah address bar. Untuk versi saat ini (Firefox 26.0), pengaturan untuk meletakkan tab-tab browser di bawah address bar melalui tombol Firefox sudah tidak ditemukan lagi. Tim pengembang Firefox telah mempertimbangkan bahwa posisi paling tepat (posisi standar) adalah berada di atas address bar sebagaimana posisi browser-browser modern saat ini.

Sebagian besar orang lebih menyukai posisi tab standar dan sebagian yang lain mungkin menyukai posisi di bawah address bar. Itu semua tergantung preferensi masing-masing dan mungkin juga agar kelihatan lebih personal. Walaupun pengaturan posisi tab telah dihilangkan dari tombol Firefox, Anda masih dapat meletakkan tab-tab tersebut di bawah address bar dengan cara lain. Sebagian besar pengaturan (setting) penting Firefox termasuk pengaturan posisi tab-tab, telah disembunyikan di suatu tempat karena ini terkait dengan stabilitas, keamanan dan kinerja browser Firefox itu sendiri.

Jalankan browser Mozilla Firefox, ketikkan about:config di address bar dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Menempatkan tab di bawah address bar di browser Mozilla Firefox

Akan muncul peringatan bahwa merubah pengaturan lanjutan browser Mozilla Firefox dapat berbahaya untuk stabilitas, keamanan dan kinerja browser Firefox. Apabila Anda tetap yakin, klik tombol I'll be careful, I promise!

Menempatkan tab di bawah address bar di browser Mozilla Firefox

Daftar pengaturan lanjutan browser Mozilla Firefox ditampilkan. Ketikkan "browser.tabs." untuk mempercepat penemuan pengaturan terkait posisi tab browser (browser.tabs.onTop).

Menempatkan tab di bawah address bar di browser Mozilla Firefox

Klik kanan di browser.tabs.onTop untuk menampilkan shortcut menu dan kemudian pilih Toggle. Ini akan merubah nilai dari true menjadi false.

Menempatkan tab di bawah address bar di browser Mozilla Firefox

Sekarang posisi tab browser Mozilla Firefox telah berada di bawah address bar.

Menempatkan tab di bawah address bar di browser Mozilla Firefox

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.