Banner Internet

Menggunakan Address Bar Google Chrome Sebagai Kalkulator

Area pengetikkan alamat (url) Google (Google address bar) memiliki banyak fitur tersembunyi yang jarang diketahui. Di artikel Mengetahui Prakiraan Cuaca Melalui Address Bar Google Chrome, Anda dapat membaca bagaimana address bar Google Chrome digunakan untuk mengetahui informasi prakiraan cuaca di kota-kota besar. Salah satu fitur tersembunyi lainnya yang masih jarang diketahui adalah menggunakannya sebagai kalkulator. Anda bisa menggunakannya untuk mencari jawaban terkait perhitungan matematika (ekspresi matematika). Yang perlu diketahui adalah bagaimana menuliskan ekspresi matematika dengan format (sintak) yang benar dan dapat dimengerti oleh komputer, misalnya harus menggunakan * sebagai pengganti x dalam perkalian. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda tidak akan lagi direpotkan dengan kalkulator yang tertingal di rumah atau harus memasang program aplikasi kalkulator di komputer.

Pastikan Anda telah menggunakan mesin pencari Google (Google search engine) dan jalankan peramban (browser) Google Chrome Anda. Ketikkan ekspresi matematika yang akan dicari nilainya, misalnya 125 + 355 + 200 - (25 * 3), di address bar dari browser Google Chrome. Google akan memprediksi hasil sementara perhitungan ekspresi matematika sampai adanya penekanan tombol keyboard Enter.

Menggunakan address bar Google Chrome sebagai kalkulator

Ketika tombol keyboard Enter ditekan, Google menyertakan hasil pencarian berupa perkakas tambahan seperti kalkulator ukuran penuh, sekaligus dengan hasil dari ekspresi matematika. Perhitungan cepat ekspresi matematika sebenarnya telah dapat dilakukan sejak lama di Google Chrome, namun Google telah melakukan perubahan besar pada hasil pencariannya.

Menggunakan address bar Google Chrome sebagai kalkulator

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.