Banner Internet

Menyalin Konten Browser (Peramban) Yang Diproteksi

Saat ini, internet sudah dianggap sebagai sumber pengatahuan (perpustakaan terlengkap) yang memuat berbagai macam artikel atau konten. Berbagai disiplin ilmu dengan jumlah artikel atau konten yang sangat banyak menjadikannya sebagai referensi utama. Sebuah artikel di internet ada yang dapat disalin (copy) dan ada yang tidak (diproteksi). Untuk artikel yang diproteksi, mau tidak mau Anda cukup membacanya dan tidak dapat disalin untuk dicetak atau disimpan di komputer lokal.

Tetapi ada cara dimana Anda dapat menyalin artikel terproteksi yang ada di internet. Artikel-artikel tersebut memang sengaja diproteksi agar tidak dapat diambil dengan cara disalin (copy and paste). Sebagai orang yang bijak, hendaknya Anda juga menghargai karya orang lain dengan tidak mengambil artikel atau konten apapun tanpa seijin dari pemiliknya. Hendaknya trik atau cara yang akan dijelaskan berikut ini digunakan untuk tujuan yang baik.

Umumnya, proteksi artikel atau konten di internet menggunanakan javascrip. Untuk dapat menyalin artikel yang terproteksi, terlebih dahulu Anda menonaktifkan (disable) dukungan javascript di browser (peramban) yang digunakan. Berikut ini adalah cara menonaktifkan JavaScript di browser Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Mozilla Firefox (Version: 11.0).

Jalankan browser Mozilla Firefox Anda, klik tulisan Firefox yang ada di sudut kiri atas dan kemudian klik menu Options > Options

 Menyalin konten browser (peramban) yang diproteksi

Pastikan Anda berada di tab Content, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Enabled JavaScript dan kemudian segarkan kembali (refresh) laman website yang masih terbuka.

Menyalin konten browser (peramban) yang diproteksi

Internet Explorer (Version: 9.0.8112).

Jalankan browser Internet Explorer Anda, pilih menu Tools > Internet Options. Dari kotak dialog (dialog box) Internet Options yang muncul, klik tombol Custom level...

Menyalin konten browser (peramban) yang diproteksi

Dari kotak dialog Internet Settings - Internet Zone yang muncul, pilih tombol radio (radio button) Disable untuk kelompok Active scripting, Allow Programmatic clipboard access dan Allow status bar updates via script. Segarkan kembali (refresh) laman website yang masih terbuka.

Menyalin konten browser (peramban) yang diproteksi

Google Chrome (Version: 20.0.1132.47).

Jalankan browser Google Chrome Anda, klik tombol Wrench yang ada di sudut kanan atas dan kemudian pilih menu Settings.

Menyalin konten browser (peramban) yang diproteksi

Dari halaman setting yang muncul, arahkan ke halaman paling bawah dan kemudian klik tautan (link) Show advanced setting...

Menyalin konten browser (peramban) yang diproteksi

Pastikan Anda menemukan kelompok Privacy dan kemudian klik tombol Content settings...

Menyalin konten browser (peramban) yang diproteksi

Di kelompok JavaScript, pilih atau klik tombol radio (radio button) berlabel Do not allow any site to run JavaScript dan kemudian segarkan kembali (refresh) laman website yang masih terbuka.

Menyalin konten browser (peramban) yang diproteksi

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.