Pin It

Anda mungkin salah seorang yang setia menggunakan browser Mozilla Firefox dan sering berselancar ke dunia maya menggunakan browser ini. Pernahkan Anda merasa jengkel ketika sebuah laman web yang dituju tidak kunjung terbuka? Ada beberapa penyebab hal seperti ini terjadi, misalnya koneksi dial-up atau wifi hotspot yang lambat (Indonesia masuk salah satu negara dengan koneksi internet paling lambat) atau bisa karena webpage yang sedang diakses berisi banyak gambar (images). Namun demikian, apabila hanya memerlukan teks (text) dari laman web yang diakses dan mengabaikan gambar yang ada, Anda dapat mengatur agar browser Mozilla Firefox tidak menyertakan gambar (tetapi tidak termasuk file flash dan file multimedia) agar pemuatan halaman web bisa lebih cepat.

Jalankan browser Mozilla Firefox (dalam contoh ini menggunakan versi 31.0), ketikkan about:config di address bar dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Mencegah browser Mozilla Firefox memuat gambar web

Akan muncul peringatan bahwa merubah pengaturan lanjutan browser Mozilla Firefox akan berpengarus pada stabilitas, keamanan dan kinerja browser Firefox. Apabila Anda tetap yakin, klik tombol I'll be careful, I promise!

Mencegah browser Mozilla Firefox memuat gambar web

Daftar pengaturan lanjutan browser Mozilla Firefox ditampilkan. Ketikkan "permissions" untuk mempercepat penemuan pengaturan permissions.default.image, klik kanan pengaturan tersebut untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih menu Modify.

Mencegah browser Mozilla Firefox memuat gambar web

Dari kotak dialog Enter integer value yang muncul, ganti nilai 1 dengan nilai 2 dan kemudian klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Mencegah browser Mozilla Firefox memuat gambar web