Banner Internet

Merubah Lokasi Folder Tempat File Unduhan Di Google Chrome

Pengaturan standar browser Google Chrome telah menetapkan folder "C:\Users\<username>\Downloads" sebagai tempat untuk meletakkan atau menyimpan file-file unduhan dari internet seperti file program, pdf, mp3, mp4 dan lain sebagainya. Penetapan folder standar tersebut dimaksudkan agar proses menempatkan atau menyimpan file-file unduhan bisa dilakukan secara otomatis dan lebih cepat. Namun demikian Anda masih bisa merubah pengaturan bawaan ini dengan menentukan folder lain sebagai tempat untuk meletakkan atau menyimpan file-file unduhan tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah merubah folder sebagai tempat meletakkan atau menyimpan file unduhan di browser Google Chrome.

Klik tombol Customize and control Google Chrome yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih Settings.

Dari halaman web chrome://settings yang muncul, klik link (tautan) Show advanced setting... yang terletak di bagian bawah untuk menampilkan opsi pengaturan berikutnya. Pastikan Anda berada di bagian Downloads dan kemudian klik tombol Change...

Merubah lokasi folder tempat file unduhan di Google Chrome

Dari kotak dialog Browse For Folder yang muncul, pilih salah satu folder sebagai tempat baru untuk meletakkan atau menyimpan file-file unduhan dari internet dan kemudian tekan tombol OK untuk mengakhiri.

Merubah lokasi folder tempat file unduhan di Google Chrome

Folder sebagai tempat untuk meletakkan atau menyimpan file-file unduhan kini telah berubah sesuai dengan pilihan Anda.

Merubah lokasi folder tempat file unduhan di Google Chrome

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.