Bookmark dapat diartikan sebagai sebuah link atau tautan ke website yang sering dikunjungi. Apabila Anda pengguna Google Chrome, bookmark dapat dibuat dengan sangat mudah di browser atau peramban ini (baca artikel Cara Cepat Menambahkan Bookmark Di Browser Google Chrome). Apabila Anda telah membuat atau memiliki banyak bookmark dengan struktur yang baik dan terus melakukan perubahan atau penambahan, alangkah baiknya apabila bookmark yang ada di-backup (diekspor) secara berkala. Backup ini dimaksudkan agar bookmark tidak hilang dan dapat dipulihkan setiap waktu apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada browser Google Chrome. Hasil proses backup atau ekspor bookmark adalah file dengan ekstensi html (.html). Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mem-backup atau mengekspor bookmark di browser Google Chrome:

Klik tombol Customize and control Google Chrome yang ada di sudut kanan atas untuk menampilkan menu Google Chrome, kemudian pilih sumbenu Bookmarks dan selanjutnya pilih Bookmark Manager.

Backup atau export (ekspor) bookmark di Google Chrome

Dari halaman chrome://bookmarks/#1 yang muncul, klik segitiga kecil dengan label Organize lalu pilih Export bookmarks to HTML file...

Backup atau export (ekspor) bookmark di Google Chrome

Dari kotak dialog Save As yang muncul, pilih folder tempat penyimpanannya dan kemudian tekan tombol Save untuk mengakhiri.

Backup atau export (ekspor) bookmark di Google Chrome

Baca artikel terkait lainnya: