Banner Internet

Merubah Jumlah Tampilan Hasil Pencarian Per Halaman Di Google Chrome

Ada banyak mesin telusur (search engine) yang dapat dipilih ketika Anda sedang mencari sesuatu menggunakan browser (peramban). Namun ada tiga mesin telusur yang mendominasi dan banyak dipakai saat ini yaitu Google, Bing dan Yahoo!. Dari ketiga itu, mesin telusur Google adalah yang paling banyak digunakan. Ketika Anda mencari sesuatu di internet menggunakan browser, secara standar (default) ketiga mesin telusur hanya akan menampilkan 10 hasil pencarian (search results) di setiap halaman. Namun demikian, masing-masing mesin telusur mungkin memberikan hasil pencarian yang berbeda.

Untuk menampilkan hasil pencarian lainnya, Anda dapat menggunakan tombol navigasi untuk ke halaman berikutnya. Jumlah 10 tampilan hasil pencarian di setiap halaman memungkinkan mesing telusur secara cepat menyajikan data hasil pencarian. Hal ini tentunya bermanfaat ketika Anda memiliki koneksi internet yang lambat. Namun demikian apabila diinginkan, Anda masih dapat merubah jumlah tampilan hasil pencarian di setiap halaman. Berikut ini adalah langkah-langkahnya di peramban Google Chrome:

Jalankan terlebih dahulu browser Google Chrome, ketikkan url https://www.google.co.id/preferences di area penulisan alamat (address bar | omnibox) dan kemudian tekan tombol keyboard Enter untuk membuka halaman setelan penelusuran (search setting).

Merubah jumlah tampilan hasil pencarian per halaman di Google Chrome

Dari halaman setelan pencarian yang terbuka, pastikan Anda berada di bagian Prediksi Google Instan, klik tombal radio (radio button) berlabel Jangan pernah tampilkan hasil instan, kemudian geser kotak kecil yang ada di panel geser (slider) ke angka yang Anda inginkan, misalnya 30 (angka ini menunjukkan jumlah tampilan hasil pencarian di setiap halaman) dan kemudian akhiri dengan menekan tombol Simpan yang terletak di bagian bawah.

Merubah jumlah tampilan hasil pencarian per halaman di Google Chrome

Kotak dialog muncul yang memberitahukan bahwa perubahan preferensi Anda telah disimpan. Klik tombol OK untuk mengakhiri. Sekarang jumlah tampilan hasil pencarian di setiap halaman telah berubah dari standar (10 tampilan per halaman) menjadi 30 tampilan per halaman.

Merubah jumlah tampilan hasil pencarian per halaman di Google Chrome

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.