Banner Internet

Cara Mengganti Mesin Telusur (Search Engine) Di Google Chrome

Google Chrome merupakan peramban (browser) dari Google yang terkenal ringan, cepat dengan interfes (antar muka) minimal. Peramban ini cepat mencapai popularitas dan menjadi yang paling banyak digunakan dalam berselancar ke dunia maya untuk saat ini. Karena merupakan buatan Google sendiri, standarnya peramban ini menggunakan mesin telusur dari Google. Sebenarnya ada banyak mesin telusur sebagai alternatif, tiga teratas adalah Google, Bing dan Yahoo!.

Ketika Anda menginstal sebuah peramban, peramban tersebut akan mendeteksi mesin telusur yang ada di sistem komputer dan akan memasukkannya ke dalam daftar. Intinya, mesin telusur yang ada pada sebuah peramban dapat diganti. Misalnya, standar mesin telusur di Google Chrome adalah Google, Anda dapat menggantinya dengan mesin telusur yang lain seperti Bing atau Yahoo!. Apabila mesin telusur yang Anda inginkan tidak terdapat di dalam daftar, Anda dapat menambahkannya secara manual ke dalam daftar di browser yang digunakan (baca artikel Cara Menambahkan Mesin Telusur (Search Engine) Di Google Chrome). Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengganti mesin telusur di peramban Google Chrome:

Secara standar, Google Chrome menggunakan mesin telusur Google sebagaimana gambar di bawah ini.

Mengganti mesin telusur (search engine) di Google Chrome

Jalankan peramban (browser) Google Chrome, kemudian klik tombol berlabel Customize and control Google Chrome untuk menampilkan daftar menu. Dari daftar menu yang muncul, klik atau pilih menu Settings.

Mengganti mesin telusur (search engine) di Google Chrome

Dari halaman Setting yang terbuka, di bagian Search, klik tombol daftar mesin telusur dengan anak panah ke bawah dan kemudian pilih salah satu mesin telusur misalnya Bing.

Mengganti mesin telusur (search engine) di Google Chrome

Tutup halaman Setting dan kemudian buka tab baru dari Google Chrome. Sekarang mesing telusur dari peramban Google Chrome telah menggunakan mesin telusur Bing.

Mengganti mesin telusur (search engine) di Google Chrome

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.