Banner Internet

Cara Menambahkan Mesin Telusur (Search Engine) Di Internet Explorer

Di artikel Cara Menambahkan Mesin Telusur (Search Engine) Di Google Chrome, Anda dapat mempelajari bagaimana cara menambahkan mesin pencari atau mesin telusur (search engine) di peramban (browser) Google Chrome. Di artikel kali ini, Anda akan mempelajari bagaimana menambah mesin telusur di peramban Internet Explorer 11. Peramban Microsoft Internet Explorer 11 sekarang telah mengalami banyak perubahan. Berbagai fitur baru telah ditambahkan dan fitur yang sudah ada sebelumnya telah ditingkatkan. Dari beberapa pengguna mengatakan bahwa Microsoft Internet Explorer 11 jauh lebih ringan dan pemuatan halaman web (web page) jauh lebih cepat.

Standarnya, Microsoft Internet Explorer 11 menggunakan mesin telusur milik Microsoft sendiri yaitu Bing. Namun demikian kalau memang diinginkan, Anda dapat mengganti mesin telusur ini dengan mesin telusur yang lain misalnya Google atau Yahoo!. Apabila mesin telusur yang diinginkan belum terdapat di daftar peramban Microsoft Internet Explorer, Anda dapat menambahkannya terlebih dahulu. Menambahkan mesin telusur di peramban Internet Explorer sekarang jauh lebih mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan terlebih dahulu peramban Internet Explorer 11 Anda. Di kotak penulisan url (address bar) peramban Internet Explorer, Anda dapat melihat anak panah ke bawah di antara ikon magnifying glass dan Undo. Klik ikon anak panah yang ke bawah tersebut dan kemudian klik tombol Add untuk membuka halaman Internet Explorer Gallery di tab baru.

Menambahkan mesin telusur (search engine) di Internet Explorer

Dari halaman Internet Explorer Gallery yang terbuka, Anda langsung disajikan dengan berbagai macam mesin telusur dari berbagai provider (penyedia) berbeda. Pilih atau klik salah satu mesin telusur yang Anda inginkan, misalnya Google Search (di contoh ini berada di urutan pertama).

Menambahkan mesin telusur (search engine) di Internet Explorer

Masih di halaman Microsoft Internet Explorer Gallery, klik tombol Add to Internet Explorer untuk mesin telusur Google yang dipilih.

Menambahkan mesin telusur (search engine) di Internet Explorer

Dari kotak dialog Add Search Provider yang muncul, klik tombol Add untuk menambahkan mesin telusur ini ke peramban Microsoft Internet Explorer 11.

Menambahkan mesin telusur (search engine) di Internet Explorer

Klik kembali ikon anak panah yang menghadap ke bawah. Anda dapat memperhatikan bahwa mesin telusur Google telah ditambahkan ke daftar mesin telusur di peramban Internet Explorer 11.

Menambahkan mesin telusur (search engine) di Internet Explorer

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.