Browser (peramban) merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan untuk mengakses atau menampilkan halaman (laman) sebuah website. Ada banyak sekali pilihan browser yang dapat digunakan dan masing-masing mempunyai keunggulan fitur untuk ditawarkan. Umumnya, browser yang ada saat ini bersifat gratis, artinya Anda dapat mengunduh dengan bebas dan menginstalnya di komputer. Seringkali dijumpai sebuah komputer, baik itu PC, Notebook atau Netbook memiliki lebih dari satu browser terinstal (terpasang).

Browser yang sekarang ini menduduki urutan lima teratas adalah Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla FireFox, Nescape Navigator dan Opera. Apabila ada lebih dari satu browser terinstal di komputer, maka satu browser akan menjadi browser default (standar). Ketika Anda membuka dokumen Microsoft Office Word yang memiliki hyperlink dan hyperlink tersebut diklik, maka secara otomatis browser default akan terbuka dan menampilkan halaman situs yang dituju oleh hyperlink tersebut. Apabila komputer Anda mempunyai lebih dari satu browser dan ingin menjadikan Internet Explorer 9 sebagai browser default, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka browser Microsoft Internet Explorer dan kemudian klik ikon (icon) gear yang terletak di sudut kanan atas.

 Menjadikan Microsoft Internet Explorer sebagai browser standar

Dari daftar menu drop-down yang muncul, pilih dan klik Internet Options.

Menjadikan Microsoft Internet Explorer sebagai browser standar

Dari jendela Internet Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab Programs. Klik tombol Make default untuk menjadikan Microsoft Internet Explorer 9 sebagai browser default.

Menjadikan Microsoft Internet Explorer sebagai browser standar

Anda dapat memperhatikan perubahan tombol Make default dari aktif (enabled) menjadi tidak aktif (disabled) yang menandakan bahwa Internet Explorer 9 sekarang telah menjadi browser default. Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Menjadikan Microsoft Internet Explorer sebagai browser standar

Baca artikel terkait lainnya: