Harus diakui bahwa Google Chrome benar-benar menyediakan pengalaman berselancar yang aman dan cepat di berbagai sistem operasi, termasuk sistem operasi mobile seperti Android dan iOS. Ini adalah salah satu alasan yang menjadikan Google Chrome sebagai peramban (browser) yang paling banyak digunakan, menggeser peramban-peramban yang telah lebih dulu ada. Anda hampir selalu menemui peramban ini di setiap perangkat (device) yang ada mulai dari PC, laptop, notebook, tablet dan juga smartphone.

Sudah tidak asing bahwa setiap orang bisa memiliki atau menggunakan lebih dari satu perangkat, baik di kantor maupun di rumah. Mereka menggunakan perangkat-perangkat tersebut secara bergantian baik untuk tujuan bekerja, mencari informasi atau hiburan. Dan sangat mungkin mereka juga berselancar menggunakan Google Chrome di setiap perangkat yang digunakan. Salah satu keunggulan menggunakan Google Chrome terkait hal ini adalah dapat menjaga konsistensi pengalaman berselancar di semua platform yang ada.

Google Chrome dapat mensinkronisasi (sync) banyak hal seperti aplikasi, autofill, bookmark, ekstensi, history, password, setting (pengaturan), theme (tema) dan tab-tab terbuka (open tabs). Sebagai contoh, Anda dapat membuat bookmark sebuah website di laptop dan dapat membuka kembali bookmark yang sama di smartphone. Apabila Anda benar-benar berkeinginan mengambil keuntungan dari fitur sync dan ingin melakukan sinkronisasi di komputer, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

Klik tombol Customize and control Google Chrome yang terletak di sudut kanan atas untuk menampilkan daftar menu dan kemudian klik Settings.

Melakukan sinkronisasi (sync) Google Chrome di komputer

Dari halaman Settings yang muncul, di bagian Sign in, klik tombol Advanced sync settings...

Melakukan sinkronisasi (sync) Google Chrome di komputer

Dari kotak dialog Advanced sync settings yang muncul, dari daftar menu drop-down, pilih Sync everything untuk mensinkronisasi semua pilihan dan kemudian klik tombol OK untuk mengakhiri.

Melakukan sinkronisasi (sync) Google Chrome di komputer