Banner Internet

Menjalankan Browser Mozilla Firefox Dalam Mode Aman (Safe Mode)

Di browser (peramban) Mozilla Firefox, mode aman (safe mode) adalah mode spesial yang digunakan untuk memecahkan atau memperbaiki masalah. Mode ini dimaksudkan untuk membantu mengatasi permasalah yang terjadi saat menggunakan browser ini, misalnya ketika terjadi crash. Saat muncul masalah pada browser Mozilla Firefox, kebanyakan pengguna browser akan mencopok atau menghapus (uninstall) dari sistem operasi dan memasang kembali (reinstall). Ini tentunya cukup merepotkan dan akan memakan waktu yang tidak sebentar. Alternatifnya, beberapa cara untuk mengatasi masalah pada browser Mozilla Firefox antara lain adalah me-reset ulang atau menjalankannya dalam mode safe.

Menjalankan browser Mozilla Firefox dalam mode aman berarti menjalankan browser Mozilla Firefox dengan mematikan akselerasi hardware, me-reset beberapa perubahan pengaturan yang ada, menonaktifkan ekstensi (add-on) yang terinstal dan tidak memuat kode-kode penyesuaian (customized code) untuk menjadikannya berjalan lebih stabil. Apabila Anda benar-benar menghadapi situasi seperti ini saat menjalankan browser Mozilla Firefox, Anda dapat menjalankannya dalam mode aman. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, tergantung preferensi Anda:

1. Menggunakan antar muka grafis (user interface).

Jalankan browser Mozilla Firefox, klik tombol Open menu di sudut kanan atas dan kemudian klik tombol Open Help Menu dengan ikon tanda tanya kecil di lingkaran biru yang terletak di bagian bawah.

Dari daftar menu Help yang muncul, klik submenu Restart with Add-ons disable...

Dari kotak dialog Restart with Add-ons Disabled yang muncul, klik tombol Restart.

Dari kotak dialog Firefox Safe Mode yang muncul, klik tombol Start in Safe Mode untuk menjalankan browser Mozilla Firefox dalam mode aman.

2. Menggunakan kotak pencarian Windows (Windows search box).

Tekan tombol Logo WINDOWS + C untuk menampilkan charm bar dan kemudian klik tombol Search.

Dari kotak percarian Windows (search box) yang muncul, ketikkan firefox.exe -safe-mode dan kemudian tekan tombol keyboard Enter atau klik tombol firefox.exe -safe-mode dengan ikon browser Mozilla Firefox.

Dari kotak dialog Firefox Safe Mode yang muncul, klik tombol Start in Safe Mode untuk menjalankan browser Mozilla Firefox dalam mode aman.

3. Menggunakan key.

Tekan terlebih dahulu tombol keyboard Shift dan kemudian klik ganda ikon browser Mozilla Firefox untuk mulai menjalankannya. Dari kotak dialog Firefox Safe Mode yang muncul, klik tombol Start in Safe Mode untuk menjalankan browser Mozilla Firefox dalam mode aman.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.