Banner Internet

Cara Menonaktifkan Plugin Di Browser Google Chrome

Plugin didefinisikan sebagai program kecil yang terintegrasi ke dalam browser (peramban) untuk memproses konten web khusus seperti konten Flash, Java atau Silverlight. Browser secara otomatis akan mengintegrasikan plugin yang ditemukan di sistem sebagai fitur tambahan. Plugin-plugin ini umumnya dikembangkan oleh pihak ketiga (third-party). Plugin dapat memperlambat kerja browser serta memberikan celah keamanan pada browser, khususnya plugin yang tidak up-to-date. Jika dirasakan kerja browser melambat dan diketahui plugin penyebabnya, Anda dapat mencoba mengatasi dengan menonaktifkan plugin tersebut.

Google Chrome menyembunyikan plugin yang terintegrasi dari kemudahan mengakses melalui tombo Custmize and control Google Chrome yang ada di sudut kanan atas. Untuk bisa menampilkan semua plugin, Anda perlu mengakses halaman tersembunyi Google Chrome. Anda dapat mengetikkan chrome://plugins di omnibox (address bar) Google Chrome untuk menampilkan semua plugin yang terintegrasi dengan Google Chrome. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan plugin di Google Chrome:

Untuk menampilkan semua plugin yang ada di browser Google Chrome, ketikkan chrome://plugins di omnibox (address bar) Google Chrome dan selanjutnya tekan tombol keyboard Enter.

Menonaktifkan plugin di browser Google Chrome

Semua plugin yang ada di browser Google Chrome ditampilkan. Di contoh ini, Anda dapat melihat bahwa Google Chrome memiliki 5 plugin yang semuanya aktif (plugin aktif ditandai dengan latar belakang warna putih). Untuk melihat ditail dari semua plugin, klik tautan Detail dengan tanda plus (+) yang ada di sudut kanan atas.

Menonaktifkan plugin di browser Google Chrome

Tampilan ditail memperlihatkan rincian terkait dengan masing-masing plugin seperti nama, keterangan, versi, lokasi (direktori), tipe dan lain sebagainya. Untuk kembali ke tampilan ringkas, klik tautan Detail dengan tanda minus (-) yang ada di sudut kanan atas.

Menonaktifkan plugin di browser Google Chrome

Untuk menonaktifkan sebuah plugin di Google Chrome, klik tautan disable yang ada di plugin tersebut. Plugin yang tidak aktif, ditandai dengan latar belakang warna abu-abu (di contoh ini, plugin Chrome PDF Viewer (2 files) dinonaktifkan). 

Menonaktifkan plugin di browser Google Chrome

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.