Banner Internet

Menonaktifkan Saran Pencarian (Search Suggestion) Di Google Chrome

Omnibox merupakan salah satu fitur terbaik dari browser Google Chrome yang adalah kombinasi antara kotak pencarian (search box) dan area pengetikan url (address bar). Anda dapat mengetikkan kata kunci (keyword) tertentu yang terkait apapun yang ingin dicari atau mengetikkan url untuk mengunjungi halaman tertentu dari sebuah website di omnibox ini. Namun di sisi lain, salah satu kekurangan dari fitur ini bagi sebagian pengguna adalah saran pencarian (serach suggestion) yang selalu muncul ketika Anda mengetikkan kata kunci.

Google Chrome dapat menggunakan mesin pencari (search engine) atau layanan prediksi (prediction service) untuk membantu menemukan kueri-kueri (queries) terkait atau untuk mencocokkan url yang dimasukkan. Ketika Anda mulai mengetikkan kata kunci atau url, akan langsung muncul pencarian terkait atau url halaman sebuah website. Apabila layanan ini dianggap kurang bermanfaat dan ingin lebih menekankan pada privasi, Anda dapat menonaktifkannya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan saran pencarian (search suggestion) di Google Chrome:

Jalankan peramban (browser) Google Chrome, klik tombol Customize and control Google Chrome (tombol dengan ikon tiga buah garis horisontal) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih atau klik Settings.

Menonaktifkan saran pencarian (search suggestion) di Google Chrome

Dari halaman Settings yang muncul, gulung ke atas untuk menampilkan halaman paling bawah. Klik tautan (link) Show advanced settings untuk menampilkan pengaturan lanjutan dari browser Google Chrome. 

Menonaktifkan saran pencarian (search suggestion) di Google Chrome

Pastikan Anda berada di bagian Privacy dan kemudian hilangkan tanda centang berlabel Use a prediction service to help complete searches and URLs typed in the address bar or the app launcher search box.

Menonaktifkan saran pencarian (search suggestion) di Google Chrome

Apabila Anda mencoba mengetikkan kata kunci (keyword) di omnibox dan saran pencarian (serach suggestion) masih muncul, ini dikarenakan masih adanya riwayat penelusuran (search history) sebelumnya. Untuk menghilangkan saran pencarian ini, Anda harus menghapus riwayat penelusuran dari browser Google Chrome (baca artikel Menghapus Riwayat Penelusuran (Searching History) Di Google Chrome).

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.