Banner Internet

Google Chrome: Menggembalikan Pengaturan Ke Standar Bawaan (Aslinya)

Tidak selamanya peramban (browser) yang Anda gunakan selalu dalam kondisi terbaik. Ketika tidak cukup puas dengan pengaturan standar aslinya (bawaan), Anda mungkin akan melakukan perubahan pengaturan seperti menonaktifkan JavaScript, membolehkan Pop ups, merubah pengaturan terkait konten (cookies, images, plug-ins dan lain-lain), menambahkan ekstensi dan sebagainya. Juga tanpa Anda sadari, dengan telah terpasangnya program-program baru ke komputer dapat pula merubah pengaturan Google Chrome. Anda mungkin bisa saja melihat munculnya ekstensi, toolbar atau mesin telusur baru lainnya yang ditambahkan ke Google Chrome tanpa sepengetahuan Anda.

Namun Anda tidak perlu kawatir. Peramban Google Chrome memberikan opsi kepada Anda untuk bisa mengatur ulang ke standar bawaan (aslinya) hanya dengan satu kali klik. Hal ini berbeda dengan cara yang ada di versi Google Chrome lama (walaupun tetap berlaku) dimana semua perubahan pengaturan disimpan di folder Default dan Anda harus menghapus folder tersebut untuk mengembalikan ke standar bawaan atau aslinya (baca artikel Mengembalikan Browser Google Chrome Ke Pengaturan Standar). Mengatur ulang (resetting) ke standar bawaan (aslinya) akan menghapus semua perubahan yang tidak diinginkan, baik yang sengaja dilakukan atau akibat dari menginstal program. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggembalikan pengaturan Google Chrome ke standar bawaan (aslinya):

Jalankan peramban (browser) Google Chrome, klik tombol Customize and control Google Chrome (tombol dengan ikon tiga buah garis horisontal) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih atau klik Settings.

Dari halaman Settings yang muncul, gulung ke atas untuk menampilkan halaman paling bawah. Klik tautan (link) Show advanced settings untuk menampilkan pengaturan (settings) lanjutan dari browser Google Chrome.

Gulung kembali ke atas untuk menampilkan halaman Settings paling bawah. Di bagian Reset setting, klik tombol Reset settingsĀ untukĀ menampilkan kotak dialog Reset settings.

Klik tombol Reset dari kotak dialog yang muncul dan tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai. Setelah selesai, pengaturan Google Chrome Anda telah dikembalikan ke standar bawaan (aslinya).

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.