Banner Internet

Cara Menonaktifkan Pembaruan (Update) Otomatis Di Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah salah satu peramban yang paling banyak digunakan saat ini selain Google Chrome dan Microsoft Internet Explorer. Firefox sendiri bersifat free dan open source serta dapat dipasang di sistem operasi Microsoft Windows, OS X, Linux dan juga versi mobile seperti Android dan Firefox OS. Salah satu kelebihan dari Firefox adalah dukungan add-on yang begitu banyak untuk menambah fungsionalitasnya. Ada yang mengatakan bahwa Firefox akan berfungsi lebih optimal dengan adanya beragam add-on. Firefox telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan popularitasnya sangat baik di mata pengguna.

Sebagaimana peramban modern saat ini, Firefox juga telah dilengkapi fitur pembaruan (update) otomatis. Fitur ini mulai ada di Firefox 12 untuk memberikan kemudahan dalam pembaruan Firefox tanpa melibatkan pengguna sama sekali (silent automatic update). Ide dasar dibalik fitur ini adalah peningkatan proses pembaruan dengan mengintegrasikan mekanisme pembaruan otomatis ke dalam peramban. Sebagian pengguna Firefox mungkin menyukai ide pembaruan otomatis dan sebagian yang lain mungkin lebih menyukai cara manual. Terlepas dari itu semua, pembaruan Firefox tetap diperlukan untuk mengatasi kemungkinan adanya celah kemanan.

Pembaruan otomatis Firefox diberlakukan ketika peramban ini mulai dijalankan yang kemungkinan akan mencegah sementara waktu penggunaannya. Itulah sebabnya, sebagian penguna Firefox lebih memilih untuk menonaktifkan fitur pembaruan otomatis ini. Firefox masih tetap dapat memperbarui sendiri namun Anda akan diberitahu melalui kotak dialog UAC (User Account Control) sehingga Anda menyadari bahwa pembaruan sedang terjadi. Apabila ini yang Anda inginkan dan memilih untuk menonaktifkan fitur pembaruan otomatis, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Melalu menu Mozilla Firefox.

Jalankan peramban Mozilla Firefox, klik tombol Open menu yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih Options.

Di laman Options yang terbuka, pastikan Anda berada di tab Advanced.

Pastikan lagi Anda berada di tab Update dari tab Advanced. Klik tombol radio (radio button) berlabel Check for updates, but let me choose whether to install them untuk memilihnya. Untuk menyimpan perubahan, tutup laman Options.

Melalau about:config.

Ketikkan about:config di area pengetikan alamat url (address bar) peramban Mozilla Firefox dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Di laman about:config yang terbuka, klik tombol berlabel I'II be careful, I promise!

Di kotak Search, ketikkan app.update dan dari daftar yang muncul, cari app.update.auto.

Klik dua kali pada opsi app.update.auto untuk merubah nilai true ke false. Nilai true berarti pembaruan otomatis diberlakukan, sebaliknya nilai false berarti pembaruan otomatis dinonaktifkan. Apabila nilai opsi app.update.auto telah sesuai, tutup laman about:config untuk mengakhiri.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.