Internet Explorer (IE) adalah peramban (browser) buatan Microsoft, raksasa teknologi perangkat lunak yang juga melahirkan sistem operasi Microsoft Windows dan aplikasi perkantoran Microsoft Office. Peramban ini sacara otomatis sudah ada (include) di sistem operasi Microsoft Windows. Ketika instalasi sistem operasi Windows di komputer selesai, peramban ini sudah ada di dalamnya dan Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus menginstal lagi. Internet Explorer merupakan salah satu peramban yang paling banyak digunakan selain Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Perjalanan panjang Internet Explorer selama dua dekade bukan tanpa hambatan. Internet Explorer pernah mengalami masa sulit dimana banyak penguna setia meninggalkannya. Waktu itu kemunculan Internet Explorer 8 sudah mengalami banyak peningkatan namun gagal atau lambat mengadopsi standar terbaru di saat peramban lainnya telah mulai mengimplementasikan HTML 5. Akhirnya Microsoft memperbaiki ini di kemunculan versi Internet Explorer berikutnya. Tidah hanya ini, di tahun 2009, pesaing Internet Explorer mengajukan komplain ke Komisi Eropa terkait adanya Internet Explorer di sistem operasi Windows yang dapat menimbulkan persaingan tidak adil. Komisi Eropa menyetujui dan meminta Microsoft mengimplementasikan layar opsi browser di setiap instalasi baru Windows.

Kemunculan Internet Explorer 11 bersamaan dengan sistem operasi Windows 8.1 memberikan pengalaman berbeda dalam menggunakan peramban ini. Anda dapat merasakan perubahan yang sesungguhnya terkait performa dan waktu muat laman yang berbeda sekali dengan Internet Explorer 8 dan versi sebelumnya. Internet Explorer 11 membawa banyak fitur dan peningkatan. Salah satu fitur yang terkait dengan performa adalah fitur preload websites yaitu konsep melakukan pramuat elemen atau konten website. Secara standar, fitur ini telah diaktifkan untuk mengoptimasi performa dalam menampilkan laman website ketika dikunjungi.

Dengan konsep preload website, Microsoft Internet Explorer 11 akan melakukan pramuat laman tautan seperti tautan hasil pencarian mesin telusur, tautan dalam sebuah webpage atau laman sebelumnya yang telah dikunjungi. Dengan demikian, ketika Anda mengklik tautan atau tombol Back peramban, laman telah disiapkan sebelumnya dan dapat dimuat dengan lebih cepat. Fitur ini sangat berguna khususnya untuk pengguna broadband (akses internet cepat) atau paket data unlimited. Apabila Anda berada dalam situasi yang kebalikannya, Anda dapat menonaktifkan fitur ini dengan langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

Tekan kombinasi tombol keyboard Windows dan R secara bersama sama untuk menampilkan kotak dialog Run, ketikkan inetcpl.cpl dan kemudian tekan tombol keyboard Enter atau klik tombol OK.

Fitur Preload Websites, optimasi performa muat laman di Internet Explorer 11

Di kotak dialog Internet Properties yang muncul, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Load sites and content in the background to optimize performance dan kemudian klik tombol Apply serta OK untuk menyimpan perubahan.

Fitur Preload Websites, optimasi performa muat laman di Internet Explorer 11

Baca artikel terkait lainnya: