Banner Internet

Melihat Password Yang Tersimpan Di Microsoft Edge Melalui Windows Credential Manager

Di era teknologi informasi yang terus berkembang pesat dan akses ke internet yang semakin mudah, kegiatan berinternet terus-menerus tumbuh baik dari segi waktu dan jumlah pengakses internet. Ada bermacam maksud dan tujuan orang berinternet seperti mencari informasi, mengunduh file atau software, bertransaksi online, bersosial online atau mengirim surat elektronik (email). Sebagian kegiatan berinternet tersebut membutuhkan pembuatan akun dan kemudian menggunakan akun untuk masuk ke website-website terkait.

Secara standar, ketika Anda menggunakan peramban Microsoft Edge dan kemudian masuk (login) ke website sosial media seperti facebook atau ingin mengirim email melalui outlook.com (hotmail) atau ke website manapun yang memerlukan akses masuk, maka password, user name dan url akan disimpan oleh Microsoft Edge ke komputer. Ketika Anda kembali mengunjungi situs-situs tersebut, Anda akan langsung diarahkan tanpa harus memasukkan password dan username kembali.

Password, user name dan url yang telah disimpan oleh browser Microsoft Edge dapat dilihat kembali apabila dirasa perlu. Ini tentunya adalah fitur yang sangat membantu apabila Anda lupa password, username atau url-nya. Namun ini juga sangat beresiko apabila Anda bukan pengguna tunggal komputer. Ketika orang lain juga tahu password Administrator untuk masuk ke sistem Windows dan kemudian melihat password yang tersimpan di Microsoft Edge, ini adalah sebuah bencana besar. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melihat password akun yang tersimpan di browser Microsoft Edge melalui Windows Credential Manager:

Klik kanan (right-click) di tombol Start Windows untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian plih Control Panel.

Melihat password akun yang tersimpan di Microsoft Edge

Di jendela Control Panel yang muncul, pilih atau klik di bagian User Accounts.

Melihat password akun yang tersimpan di Microsoft Edge

Dari jendela User Accounts yang muncul, di bagian Credential Manager, klik atau pilih Manage Web Credentials.

Melihat password akun yang tersimpan di Microsoft Edge

Jendela Credential Manager akan menampilkan semua akun online yang pernah Anda gunakan di browser Microsoft Edge. Pilih salah satu akun dan kemudian klik tanda anak panah ke bawah.

Melihat password akun yang tersimpan di Microsoft Edge

Masih di jendela Credential Manager, akun yang telah Anda pilih akan ditampilkan lebih rinci seperti url, user name dan password yang masih diwakili oleh tanda titik (dots). Untuk menampilkan password yang sebenarnya, klik tautan Show yang ada di sebelah kanannya.

Melihat password akun yang tersimpan di Microsoft Edge

Anda akan diminta memasukkan password akun Windows untuk verifikasi. Masukkan password dan kemudian klik tombol OK. Verifikasi ini digunakan untuk mencegah orang lain yang tidak berkepentingan dapat melihat password yang tersimpan di Windows.

Melihat password akun yang tersimpan di Microsoft Edge

Sekarang password yang sebenarnya untuk akun online tersebut ditampilkan.

Melihat password akun yang tersimpan di Microsoft Edge

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.