Pin It

Berbeda dengan versi sistem operasi Microsoft Windows 7 dan sebelumnya, versi sistem operasi Microsoft Windows 8 dan sesudahnya memiliki antar muka berupa blok-blok datar yang disebut dengan live tiles (ubin hidup). Ubin hidup ini sejatinya adalah aplikasi-aplikasi interaktif yang menggunakan koneksi internet untuk menampilkan update langsung. Start Screen atau Start Menu di versi sistem operasi Microsoft Windows 8 dan sesudahnya menampilkan live tiles yang merupakan perwakilan berbagai aplikasi dengan design modern UI (aka metro) seperti Weather, News, Finance, Sports dan sebagainya.

Karena sebuah live tile merupakan representasi dari sebuah aplikasi interaktif, maka ketika diklik, sebuah aplikasi yang diwakili oleh live tile tersebut akan dijalankan. Di sistem operasi Microsoft Windows 10, Anda dapat menyematkan (pin) website favorit dari Microsoft Edge ke Start Menu sebagai sebuah live tile. Ketika live tile ini diklik, website akan dibuka di browser Microsoft Edge. Ini tentunya akan memberikan akses yang lebih cepat ketika Anda ingin membuka website tersebut kembali. Berikut ini adalah cara untuk menyematkan (pin) website favorit dari Microsoft Edge ke Start Menu sistem operasi Microsoft Windows 10:

Jalankan browser Microsoft Edge dan buka website favorite Anda atau website yang sering Anda kunjungi. Klik tombol More (tombol dengan tiga titik (three dots) horisontal) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudia pilih Pin this page to Start.

Menyematkan (pin) website favorit  dari Microsoft Edge ke Start Menu Microsoft Windows

Dari sebuah kotak dialog yang muncul, kemudian klik tombol Yes untuk melanjutkan.

Menyematkan (pin) website favorit  dari Microsoft Edge ke Start Menu Microsoft Windows

Di Start Menu Microsoft Windows 10, di bagian paling bawah, Anda akan melihat sebuah live tile dengan logo peramban Microsoft Edge dengan label Home yang merupakan representasi dari website favorit Anda. Ketika live tile ini diklik, website favorit Anda langsung dibuka di peramban Microsoft Edge.

Menyematkan (pin) website favorit  dari Microsoft Edge ke Start Menu Microsoft Windows

Baca artikel terkait lainnya: