Riwayat penelusuran (browsing history) adalah daftar laman website yang pernah Anda kunjungi dan disimpan oleh browser yang digunakan ke dalam komputer. Umumnya, semua browser akan melakukan penyimpanan laman website yang telah dikunjungi sebagai riwayat penelusuran. Riwayat penelusuran ini berisi info seperti informasi yang dimasukkan ke form, password, website yang dikunjungi dan juga cookie dari website yang dikunjungi. Salah satu tujuan penyimpanan riwayat penelusuran adalah keterkaitannya dengan Back button (tombol kembali) di peramban. Anda dapat menggunakan tombol ini untuk menampilkan kembali laman website yang sebelumnya telah Anda kunjungi.

Penyimpanan riwayat penelusuran sebenarnya mempunyai implikasi privasi yang negatif. Apabila Anda tidak mempunyai akses penuh ke komputer dan ada orang lain yang juga memakainya, Anda hendakya menghapus riwayat penelusuran yang ada, khususnya riwayat penelusuran website yang mengandung informasi rahasia. Menghapus riwayat penelusuran dapat memberikan proteksi terhadap privasi Anda dan juga melindungi informasi yang sifatnya rahasia. Berikut ini adalah cara menghapus riwayat penelusuran (browsing history) di browser Microsoft Edge:

Jalankan terlebih dahulu browser Microsoft Edge, klik tombol More (tombol dengan tiga titik (three dots) horisontal yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih Settings.

Menghapus riwayat penelusuran (browsing history) di peramban Microsoft Edge

Dari area SETTINGS, di bagian Clear browsing data, klik tombol Choose what to celar.

Menghapus riwayat penelusuran (browsing history) di peramban Microsoft Edge

Di area Clear browsing data, Anda dapat memilih data mana saja yang ingin dihapus dengan memberi tanda centang di kotak cetang. Untuk melihat lebih banyak jenis data, klik tautan (link) Show more. Klik tombol Clear untuk mulai menghapus data yang telah dipilih.

Menghapus riwayat penelusuran (browsing history) di peramban Microsoft Edge

Alternatif lain, Anda juga dapat memulai penghapusan riwayat penelusuran (browsing history) di peramban Microsoft Edge melalui tombol Hub (Favorites, reading list, history, and downloads), kemudian pilih tab History dan selanjutnya klik tautan Clear All history.

Menghapus riwayat penelusuran (browsing history) di peramban Microsoft Edge

Baca artikel terkait lainnya: