Microsoft Edge adalah browser baru yang dikembangkan oleh raksasa piranti lunak Microsoft dan mulai disertakan di sistem operasi Microsoft Windows 10. Microsoft terus mendorong penggunaan browser terbarunya ini untuk menggantikan peranan browser Microsoft Internet Explorer telah disertakan di setiap versi Microsoft Windows sebelum Microsoft Windows 10. Namun demikian, di Microsoft Windows 10, browser Microsoft Internet Explorer masih tetap disertakan untuk alasan kesesuaian (compatibility reason).

Sebagai peramban baru, Microsoft Edge masih kalah populer dibandingkan dengan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox. Namun demikian, jumlah penggunanya dari waktu ke waktu terus meningkat seiring semakin banyaknya pengguna sistem operasi Microsoft Windows 10. Sebagai browser baru yang dikembangkan untuk menggantikan browser Microsoft sebelumnya, Microsoft Edge telah dibekali dengan banyak fitur penting, salah satunya opsi mencetak halaman web tingkat lanjut (advanced print option).

Ketika Anda berselancar ke dunia maya untuk mencari artikel (postingan) tertentu dan menemukannya, Anda mempunyai opsi untuk mencetaknya langsung dari browser Microsoft Edge menjadi hard copy (dalam bentuk cetak) atau menjadi soft copy (dalam bentuk file PDF). Ini tentu akan menghemat kuota internet ketika Anda ingin kembali membacanya. Anda tidak perlu mengakses halaman web berisi artikel tersebut, cukup membaca dari bentuk cetak atau file PDF. Berikut ini adalah cara mencetak halaman web dari browser Microsoft Edge:

Jalankan browser Microsoft Edge dan buka halaman web yang ingin Anda cetak. Klik tombol More (tombol dengan tiga titik (three dots) horisontal) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih Print.

Mencetak halaman web (web page) di browser Microsoft Edge

Jendela Print warna hitam muncul di sebelah kiri dari layar. Jenis printer Microsoft Print to PDF secara bawaan akan terpilih (kecuali Anda telah merubahnya melalui Devices and Printers di Control Panel). Ketika tombol Print diklik, jenis printer ini dan juga Adobe PDF akan menghasilkan file PDF dan meminta Anda untuk menentukan lokasi file PDF disimpan. Jenis printer fisik HP LaserJet P1006 (tergantung jenis printer yang dihubungkan ke komputer) akan menghasilkan bentuk cetak di kertas (hard copy), sedangkan Microsoft XPS Document Writer dan Send To OneNote jarang digunakan karena belum terlalu dikenal.

Mencetak halaman web (web page) di browser Microsoft Edge

Sebagaimana fitur mencetak yang umum ada di aplikasi-aplikasi Microsoft Windows, jendela print dari browser Microsoft Edge juga dilengkapi dengan tool untuk kustomasi walaupun lebih sederhana seperti pengaturan portrait dan landscape, page section, pengaturan skala, margin dan juga headers and footers section.