Banner Internet

Mengaktifkan Atau Menonaktifkan Adobe Flash Player Di Microsoft Edge

Adobe Flash Player adalah perangkat lunak (software) gratis untuk konten yang dibuat dengan software flash seperti Adobe Flash. Dalam dunia web, konten flash merupakan bagian yang penting dan pokok dari konten web itu sendiri. Dengan bantuan Adobe Flash Player, konten flash seperti animasi dan iklan yang dibuat dengan software flash dapat berjalan dan dinikmati. Anda tidak akan dapat melihat itu semua apabila Adobe Flash Player belum terinstal di dalam sistem komputer.

Sebelum hadirnya HTML5, Adobe Flash Player merupakan bagian yang penting dan pokok dalam dunia web. Namun keadaan untuk saat ini telah berubah. Banyak perusahaan teknologi seperti Apple, Google, Mozilla dan juga Microsoft mulai meninggalkannya. Hal ini cukup beralasan karena ditemukan adanya celah keamanan, sedang alasan lainnya terkait performa dan umur baterai. Namun demikian, kenyataannya, Microsoft masih menggunakannya di sistem operasi Microsoft Windows 10 dan browser Microsoft Edge. Fitur ini adalah pra-instal dan mendapatkan update melalui Windows Update.

Di Microsoft Windows 10 Anniversary Update, Microsoft melakukan auto-pause konten flash yang tidak terlalu pokok untuk halaman web. Animasi dan iklan yang dibuat menggunakan Flash akan ditampilkan tidak aktif kecuali pengunjung melakukan klik untuk menjalankan konten tersebut. Konten flash yang pokok untuk halaman web seperti video dan game tetap dapat berjalan. Mungkin, keputusan Microsoft masih menggunakan Adobe Flash Player adalah langkah yang perlu diambil selama masa transisi menuju ke open web standard seperti Encrypted Media Extensions, Media Source Extensions, Canvas, Web Audio dan RTC.

Itu semua adalah preferensi dari pengguna Microsoft Windows 10 dan browser Microsoft Edge untuk tetap mengaktifkan atau menonaktifkan built-in Adobe Flash Player. Microsoft tetap memberikan kontrol penuh kepada pengguna untuk menentukan pilihannya. Secara bawaan, Adobe Flash Player dalam keadaan aktif (Enabled). Apabila Anda salah satu yang ragu dengan keberadaannya dan ingin menonaktifkannya sewaktu-waktu karena faktor keamanan, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan browser Microsoft Edge, klik tombol More, tombol dengan tiga titik horisontal (horizontal three dots), yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih Settings.

Mengaktifkan atau menonaktifkan Adobe Flash Player di Microsoft Edge

Di area SETTINGS, gulung ke bawah ke bagian Advanced settings dan kemudian klik tombol View advanced settings.

Mengaktifkan atau menonaktifkan Adobe Flash Player di Microsoft Edge

Di area Advanced settings, rubah nilai toggle swicth berlabel Adobe Flash Player dari On ke Off untuk menonaktifkannya (disable). Apabila Anda sewaktu-waktu ingin mengaktifkan (enable) kembali, rubah nilai toggle swicth berlabel Adobe Flash Player dari Off ke On.

Mengaktifkan atau menonaktifkan Adobe Flash Player di Microsoft Edge

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.