Banner Internet

Mematikan (Turn Off) Browser Microsoft Internet Explorer Di Windows 10

Sistem operasi Microsoft terbaru, Windows 10, membawa dua browser yaitu browser baru Microsoft Edge dan browser lama Microsoft Internet Explorer 11. Meskipun telah ada Microsoft Edge, Internet Explorer tetap disertakan untuk alasan kesesuaian (compatibility reason). Microsoft Edge bukan browser penerus Internet Explorer tetapi adalah browser yang memang benar-benar dikembangkan dari awal. Sebagai browser baru, Microsoft Edge belum memiliki semua fitur sebagaimana browser yang ada saat ini seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Perjalanan panjang Internet Explorer selama dua dekade bukan tanpa hambatan. Internet Explorer pernah mengalami masa sulit dimana banyak penguna setia meninggalkannya. Waktu itu, kemunculan Internet Explorer 8 sudah mengalami banyak peningkatan namun gagal atau lambat mengadopsi standar teknologi web terbaru. Namun demikian, beberapa website lama (old websites) hanya cocok dengan browser Internet Explorer. Di Internet Explorer 11, Microsoft kembali memberi peningkatan besar terkait performa dan waktu muat laman. Ini adalah alasan lain mengapa Microsoft untuk sementara waktu tidak menghilangkan Internet Explorer dari sistem operasi terbarunya.

Microsoft terus mendorong penggunaan browser terbarunya, Microsoft Edge. Beberapa fitur di Microsoft Edge yang belum berfungsi maksimal akan diberikan update (pembaruan) berikutnya (baca artikel Menambahkan Halaman Web Atau Artikel Ke Reading List Di Browser Microsoft Edge). Sebagian besar website yang ada saat ini bisa bekerja dengan baik di browser Microsoft Edge. Ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menonaktifkan Internet Explorer karena sudah tidak difungsikan lagi. Sekarang ini, Internet Explorer merupakan bagian dari fitur Windows, Anda tidak dapat menghapusnya dari Windows 10, tetapi cukup dengan mematikannya. Di Windows 10, Anda dapat menemukan Internet Explorer di kelompok Windows Accessories.

Mematikan Internet Explorer di Windows 10 cukup mudah. Setelah dimatikan, Anda tidak dapat menggunakannya lagi. File program Internet Explorer yang telah dimatikan akan dipindahkan ke lokasi terpisah sebagai salinan backup. Salinan backup ini dapat digunakan untuk mengaktifkan kembali Internet Explorer apabila sewaktu-waktu digunakan. Bila Anda salah seorang yang ingin menonaktifkan Internet Explorer di Windows 10, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Klik kanan (right click) di tombol Start Windows untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian plih Control Panel.

Mematikan (turn off) browser Microsoft Internet Explorer di Windows 10

Dari jendela Control Panel yang muncul, di bagian Programs, klik tautan (link) Uninstall a program.

Mematikan (turn off) browser Microsoft Internet Explorer di Windows 10

Di jendela Programs and Features yang muncul, di area sebelah kiri, klik tautan (link) Turn Windows features on or off.

Mematikan (turn off) browser Microsoft Internet Explorer di Windows 10

Di kotak dialog Windows Features, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Internet Explorer 11.

Mematikan (turn off) browser Microsoft Internet Explorer di Windows 10

Ketika kotak centang berlabel Internet Explorer 11 diklik untuk menghilangkan tanda centang, kotak dialog Windows Features muncul. Klik tombol Yes untuk melajutkan.

Mematikan (turn off) browser Microsoft Internet Explorer di Windows 10

Masih di kotak dialog Windows Features, Anda dapat memperhatikan bahwa tanda centang di kotang centang berlabel Internet Explorer 11 telah dihilangkan. Klik tombol OK untuk melanjutkan.

Mematikan (turn off) browser Microsoft Internet Explorer di Windows 10

Tunggu beberapa saat sampai proses memberlakukan perubahan selesai.

Mematikan (turn off) browser Microsoft Internet Explorer di Windows 10

Windows telah selesai melakukan proses perubahan. Klik tombol Restart untuk mengakhirinya. Sekarang browser Internet Explorer sudah dihilangkan dari kelompok Windows Accessories. Apabila Anda berubah pikiran dan ingin menghidupkan kembali Internet Explorer 11, Anda perlu memberi tanda centang kembali di kotak centang (check box) berlabel Internet Explorer 11 dan kemudiaan ikuti caranya kembali.

Mematikan (turn off) browser Microsoft Internet Explorer di Windows 10

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.