Sekarang ini, aktifitas berinternet sudah menjadi hal rutin dan tidak dapat dilewatkan. Implementasi teknologi web baru dan kemudahan akses internet menjadi pendorong aktifitas ini terus tumbuh, baik dalam segi waktu maupun jumlah pengakses internet. Ada banyak alasan atau tujuan orang melakukan aktifitas ini seperti bersosial online, bertransaksi online, mengunduh file atau software, bermain game online, mencari informasi dan lain sebagainya. Dalam menjalankan aktifitas berinternet, ada beberapa website yang akan meminta Anda untuk masuk (login) menggunakan user name dan password.

Secara bawaan, ketika Anda mengakses website yang meminta untuk masuk (login) menggunakan user name dan password di browser Microsoft Edge, Anda diberi opsi untuk menyimpan password. Ketika Anda menerima opsi menyimpan password, Anda tidak perlu lagi memasukkan user name dan password ketika mengunjungi website tersebut di lain waktu. Namun hal ini juga cukup beresiko apabila komputer digunakan oleh lebih dari satu orang. Akun Anda dapat diakses dengan mudah oleh orang lain. Apabila ini yang tidak Anda inginkan, Anda dapat menonaktifkan opsi penyimpanan password di Microsoft Edge.

Jalankan browser Microsoft Edge Anda, klik tombol More (tombol dengan tiga titik horisontal (horizontal three dots)) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih Settings.

Menonaktifkan opsi untuk menyimpan password di Microsoft Edge

Di area SETTINGS, gulung ke bawah ke bagian Advanced settings dan kemudian klik tombol View advanced settings.

Menonaktifkan opsi untuk menyimpan password di Microsoft Edge

Di area Advanced settings, di bagian Privacy and services, rubah nilai toggle swicth berlabel Offer to save passwords dari On ke Off untuk menonaktifkan opsi penyimpanan password di browser Microsoft Edge.

Menonaktifkan opsi untuk menyimpan password di Microsoft Edge