Pin It

Sebagaimana sudah Anda ketahui, Microsoft Windows 10 membawa dua browser sekaligus yaitu browser lama Microsoft Internet Explorer 11 dan browser terbaru Microsoft Edge. Browser Internet Explorer tetap disertakan untuk tujuan kesesuaian karena beberapa website lama (old website) hanya cocok dengan browser ini. Microsoft Edge adalah browser yang menggantikan peranan Internet Explorer selama ini. Sebagaimana browser modern yang ada saat ini, Microsoft Edge juga mempunyai fitur untuk keamanan dan privasi dalam kegiatan berselancar layaknya mode Incognito pada Google Chrome yang disebut dengan InPrivate Browsing.

InPrivate Browsing adalah fitur yang membantu mencegah riwayat penelusuran, data form, user name dan password, cookies dan lain sebagainya disimpan oleh Microsoft Edge. Ini sangat berguna ketika Anda tidak ingin segala informasi kegiatan berselancar terutama sekali terkait belanja online atau saat memeriksa akun diketahui orang lain. Secara bawaan, ketika Anda menggunakan Microsoft Edge, fitur ini belum dinonaktifkan. Untuk bisa menggunakan fitur InPrivate Browsing di Microsoft Edge, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan browser Microsoft Edge, klik tombol More, tombol dengan tiga titik horisontal (horizontal three dots) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih New InPrivate windows.

Menggunakan fitur InPrivate browsing di browser Microsoft Edge

Jendela baru Microsoft Edge terbuka. Anda dapat memperhatikan di atas kotak pencarian atau kotak penulisan alamat web terdapat label Browsing InPrivate dan juga tab-tab dengan judul InPrivate. Sekarang Anda dapat mulai berselancar dengan aman. Segala informasi dari kegiatan Anda berselancar tidak disimpan oleh Microsoft Edge.

Menggunakan fitur InPrivate browsing di browser Microsoft Edge

Baca artikel terkait lainnya: