Mode private browsing di Google Chrome yang disebut Incognito mempunyai kesamaan fungsi dengan fitur InPrivate Browsing di Microsoft Edge dan Microsoft Internet Explorer juga fitur private browsing dengan Private Window di Mozilla Firefox. Mode Incognito didesain untuk menjaga agar informasi terkait kegiatan berselancar tidak disimpan oleh Google Chrome. Informasi ini dapat berupa riwayat penelusuran, data form, user name dan password, cookies dan lain sebagainya. Mode ini sangat berguna apabila Anda peduli dengan privasi dan keamanan khususnya ketika menggunakan komputer yang biasa digunakan oleh lebih dari satu orang (shared computer). Berikut ini adalah cara menggunakan fitur Incognito di browser Google Chrome:

Jalankan browser Google Chrome, di sudut kanan atas, klik tombol Customize and control Google Chrome, tombol dengan tiga titik vertikal (vertical three dots). Dari daftar menu pintas (shortcut menus) yang muncul, klik atau pilih New incognito windows.

Menggunakan mode Incognito di browser Google Chrome

Jendela baru Google Chrome dengan warna latar gelap terbuka. Anda dapat memperhatikan teks You've gone incognito di tengah jendela tab pertama yang menunjukkan bahwa Anda sudah dalam mode incognito. Sekarang Anda dapat mengetikkan frase atau alamat halaman web yang mau dibuka untuk mulai berselancar dengan aman. Dengan mode ini, informasi dari kegiatan Anda berselancar tidak disimpan oleh browser Google Chrome.

Menggunakan mode Incognito di browser Google Chrome