Di sistem operasi terbarunya, Windows 10, Microsoft menyertakan dua browser sekaligus yaitu browser lama Microsoft Internet Explorer 11 dan browser terbaru Microsoft Edge. Browser Internet Explorer tetap disertakan untuk alasan kesesuaian karana beberapa website lama hanya dapat berjalan di browser ini. Microsoft Edge bukan browser lanjutan dari Microsoft Internet Explore melainkan adalah browser yang memang benar-benar dikembangkan dari awal. Sebagai browser baru, Microsoft Edge belum memiliki banyak fitur maupun opsi pengaturan sebagaimana yang ada di Google Chrome, Mozilla Firefox dan bahkan Microsoft Internet Explorer itu sendiri.

Ketika Anda menggunakan browser Google Chrome atau sebagian besar browser lainnya untuk mengunduh (download) file dari internet, hasil mengunduh akan disimpan di lokasi atau folder bernama Download. Folder Download ini terletak di drive dimana instalasi Windows berada, tepatnya di direktori profil pengguna (user profile). Bagi sebagian pengguna, lokasi atau folder unduhan ini bukan yang terbaik. Pengguna yang sering mengunduh file berukuran besar atau yang mempunyai ruang terbatas di drive sistem Windows akan lebih memilih untuk merubah lokasi penyimpanan file unduhan.

Sebelum rilis Windows 10 Anniversary Update, untuk melakukan perubahan lokasi atau folder unduhan di bowser Microsoft Edge hanya dapat dilakukan melalui Registry Editor. Apabila Windows 10 Anda telah berada di rilis ini, Anda dapat melakukan perubahan lokasi atau folder unduhan melalui pengaturan di browser Microsoft Edge. Microsoft telah menambahkan fitur pengaturan lokasi atau folder unduhan agar Anda dapat merubahnya dengan lebih mudah sesuai keinginan. Berikut ini adalah cara untuk merubah lokasi atau folder unduhan di browser Microsoft Edge:

Jalankan browser Microsoft Edge, klik tombol More yaitu tombol dengan tiga titik horisontal (horizontal three dots) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih Settings.

Merubah folder unduhan di browser Microsoft Edge

Di area SETTINGS, gulung ke bawah ke bagian Advanced settings dan kemudian klik tombol View advanced settings.

Merubah folder unduhan di browser Microsoft Edge

Di area Advanced settings, di bagian Downloads, klik tombol Change untuk mulai merubah lokasi atau folder unduhan.

Merubah folder unduhan di browser Microsoft Edge

Di kotak dialog Select Folder yang muncul, tentukan lokasi atau folder baru, misalnya D:\Hindro\Unduhan dan kemudian klik tombol Select Folder untuk mengakhiri.

Merubah folder unduhan di browser Microsoft Edge

Sekarang lokasi atau folder uduhan di browser Microsoft Edge terlah berubah menjadi D:\Hindro\Unduhan.

Merubah folder unduhan di browser Microsoft Edge