Banner Internet

Cara Mempercepat Pemuatan Laman Website Di Browser Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah browser terbaru dari Microsoft yang menggantikan browser lama Microsoft Internet Explorer. Ini adalah browser bawaan di sistem operasi terbarunya, Windows 10. Meskipun fitur dan opsi pengaturan masih terbatas apabila dibandingkan dengan browser-browser lain yang sudah ada sebelumnya, namun Microsoft terus melakukan pengembangan untuk disertakan di update (build) berikutnya. Di Windows 10, browser Microsoft Edge dirancang sebagai browser ringan, cepat dan aman.

Di Windows 10 Anniversary Update (versi 1607) ke atas, browser Microsoft Edge menawarkan fitur untuk memuat laman website menjadi lebih cepat. Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkan TCP Fast Open. Fitur ini merupakan ekstensi dari protokol TCP untuk transfer data. Koneksi antara client dan server memanfaatkan cookie terenkripsi. Apabila server merespon dengan mengirim kembali cookie yang valid, ini menandakan client dan server kedua-duanya mendukung TCP Fast Open dan transfer data sudah dapat dilakukan sebelum koneksi benar-benar lengkap.

TCP Fast Open adalah fitur eksperimen di browser Microsoft Edge. Dengan mengaktifkan fitur ini di browser Microsoft Edge, kecepatan waktu muat laman dapat meningkat dari 10% s/d 40%. Anda mungkin kurang percaya bahwa Microsoft Edge tidak hanya lebih cepat dari Microsoft Internet Explorer, namun juga lebih cepat dari browser yang banyak digunakan saat ini yaitu Google Chrome. Dengan penambahan fitur ini, bukan tidak mungkin pengguna browser lain akan beralih menggunakan Micosoft Edge. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan TCP Fast Open di browser Microsoft Edge:

Jalankan browser Microsoft Edge, ketikkan about:flags di address bar dan kemudian tekan tombol keyboard Enter untuk menampilkan laman Developer Settings.

Mempercepat pemuatan laman website di browser Microsoft Edge

Gulung ke bawah sampai di bagian Networking. Beri tanda centang di kotak centang (check box) Enable TCP Fash Open. Untuk memberlakukan perubahan, tutup dan jalankan kembali browser Microsoft Edge.

Mempercepat pemuatan laman website di browser Microsoft Edge

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.