Pin It

Microsoft Edge adalah browser (peramban) baru Microsoft yang mulai disertakan di Windows 10. Microsoft Edge bukan browser penerus Microsoft Internet Explorer 11 yang juga masih disertakan di Windows 10 untuk tujuan kompatibilitas, melainkan adalah browser yang benar-benar dikembangkan dari awal. Sampai saat ini, Microsoft Edge adalah browser yang cepat, aman, kompatibel dan dibangun untuk web-web modern. Tidak seperti browser-browser lainnya yang begitu menguras daya baterai, Microsoft Edge menjadikan daya baterai jauh lebih tahan lama.

Sebagai browser baru, Microsoft Edge masih dapat dikatakan kurang sempurna dari sisi fitur. Microsoft terus melakukan penambahan dan pengembangan fitur untuk browser barunya ini. Beberapa fitur yang sudah disematkan bahkan adalah fitur inovasi baru yang tidak ada di browser-browser lainnya. Pembaruan (update) browser Microsoft Edge menjadi satu paket dengan update Windows 10. Di setiap rilis pembaruan utama Windows (mayor update / new build), Microsoft juga menyertakan fitur baru atau penyempurnaan fitur yang ada untuk Microsoft Edge.

Sebagaimana di Windows 10 build 14271, Microsoft juga telah menambahkan beberapa fitur yang belum ada di browser Microsoft Edge. Salah satu dari fitur tersebut adalah kemampuan Microsoft Edge untuk menghapus secara otomatis data penelusuran (browsing data) ketika browser ini ditutup (closed). Ini adalah fitur yang sangat bermanfaat ketika Anda menggunakan PC yang juga digunakan oleh orang lain di sekitar Anda (shared / public PC). Anda dapat menjelajah internet menggunakan browser Microsoft Edge, menutup kembali browser tersebut ketika sudah selesai dan data penelusuran akan terhapus secara otomatis.

Data penelusuran ini dihasilkan ketika Anda menjelajah internet menggunakan browser, dalam hal ini browser Microsoft Edge. Microsoft Edge akan mengingat dan menyimpan data penelusuran tersebut ke PC. Data penelusuran ini meliputi informasi yang Anda masukkan ke form, password, situs-situs yang Anda kunjungi dan sebagainya. Apabila tidak terhapus, data penelusuran tersebut rentan diketahui orang lain yang menggunakan PC sama. Berikut ini adalah cara menghapus secara otomatis data penelusuran (browsing data) ketika browser Microsoft Edge ditutup:

Jalankan terlebih dahulu browser Microsoft Edge, klik tombol More yaitu tombol dengan tiga titik (three dots) horisontal yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih Settings.

Menghapus data penelusuran (browsing data) secara otomatis di browser Microsoft Edge

Dari area SETTINGS, di bagian Clear browsing data, klik tombol Choose what to celar.

Menghapus data penelusuran (browsing data) secara otomatis di browser Microsoft Edge

Di bawah tombol Clear, rubah nilai toggle swicth berlabel Always clear this when I close the browser dari Off ke On.

Menghapus data penelusuran (browsing data) secara otomatis di browser Microsoft Edge

Baca artikel terkait lainnya: