Pernahkah Anda membayangkan bagaimana untuk membuka file Microsoft Word atau file Microsoft Office lainnya seperti Microsoft Excel atau Microsoft PowerPoint apabila Anda tidak memiliki aplikasi Microsoft Office yang terinstal di komputer? Misalnya, Anda adalah bukan pengguna Microsoft Windows, melainkan pengguna Mac OS X dan kemudian mendapatkan salah satu file tersebut dari Internet atau melalui email. Banyak sekali file yang tersimpan di internet adalah juga file Microsoft Office, apakah itu dokumen Microsoft Word, lembar kerja Microsoft Excel atau slide Microsoft PowerPoint.

Apabila Anda pengguna setia browser Google Chrome, mungkin ini juga bukan suatu kebetulan. Namun tidak dipungkiri bahwa saat ini Google Chrome adalah salah satu peramban (browser) dengan pengguna terbanyak. Nah, dengan menggunakan browser ini Anda dapat membuka file Microsoft Office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel atau Microsoft PowerPoint dengan bantuan ekstensi Office Editing for Docs, Sheets & Slides (Pengeditan Office). Tidak sekedar membuka, Anda juga dapat mengedit walaupun dengan kemampuan terbatas dan kemudian menyimpannya kembali. Dengan demikian Anda tidak perlu menunggu datang ke kantor kembali atau meminjam laptop dari teman untuk membuka file Microsoft Office yang Anda peroleh.

Ini adalah suatu kerepotan kecil buat Anda yang bukan pengguna Microsoft Windows dan aplikasi Microsoft Office-nya apabila dihadapkan pada masalah seperti ini. Namun demikian, Google mencoba meminimalkan kerepotan tersebut dengan ekstensi Office Editing for Docs, Sheets & Slides yang memungkinkan Anda membuka dan mengedit file Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint langsung di browser Google Chrome. Ekstensi Office Editing for Docs, Sheets & Slides ini cocok (compatible) dengan browser Google Chrome versi Windows dan Mac. Penulis telah mencobanya di Google Chrome Version 55 (64-bit) di Microsoft Windows 10 Anniversary Update.

Sebenarnya Ekstensi Office Editing for Docs, Sheets & Slides ini adalah salah satu dari sekian banyak fitur yang terdapat di sistem operasi Chrome. Google kemudian mengimplementasikannya ke browser Google Chrome untuk Windows dan Mac. Apabila Anda pengguna sistem operasi Chrome, secara standar, ekstensi ini sudah terinstal. Apabila Anda pengguna MacOS X atau Microsoft Windows namun tidak memiliki aplikasi Microsoft Office dan pengguna setia browser Google Chrome, Anda perlu mencoba ekstensi ini di browser Google Chrome Anda.

Jalankan browser Google Chrome Anda dan kemudian klik tautan Office Editing for Docs, Sheets & Slides (Pengeditan Office). Dari jendela ekstensi Chrome web store yang muncul klik tombol ADD TO CHROME.

Membuka dan mengedit file Microsoft Office di browser Google Chrome

Dari kotak dialog Add "Office Editing for Docs, Sheets & Slides"? yang muncul, klik tombol Add extension.

Membuka dan mengedit file Microsoft Office di browser Google Chrome

Tunggu beberapa saat sampai ekstensi Office Editing for Docs, Sheets & Slides ditambahkan ke browser Google Chrome. Apabila proses penambahan ekstensi selesai, akan muncul notifikasi dan ikon ekstensi Office Editing for Docs, Sheets & Slides di sudut kanan atas.

Membuka dan mengedit file Microsoft Office di browser Google Chrome

Untuk membuka file Microsoft Office di browser Google Chrome (di contoh ini dokumen Microsoft Word 2016), tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl+O untuk menampilkan kotak dialog Open. Arahkan ke direktori tempat penyimpanan file, klik file tersebut dan kemudian klik tombol Open.

Membuka dan mengedit file Microsoft Office di browser Google Chrome

Dokumen Microsoft Word langsung ditampilkan di browser Google Chrome.

Membuka dan mengedit file Microsoft Office di browser Google Chrome

Apabila Anda mengedit dokumen tersebut, akan muncul notifikasi dan Anda dapat menyimpannya kembali apabila proses pengeditan dokumen Microsoft Word telah selesai.

Membuka dan mengedit file Microsoft Office di browser Google Chrome