Pin It

Di era modern saat ini, dimana teknologi informasi berkembang cepat dan akses ke internet mulai mudah didapat, kegiatan berinternet sudah menjadi rutinitas terutama untuk yang tinggal di perkotaan. Salah satu kegiatan berinternet yang dominan dilakukan adalah mencari informasi dan ilmu pengetahuan. Tidak salah bila mengatakan bahwa internet adalah sumber informasi dan ilmu pengetahuan terbesar di dunia. Dari internet, Anda dapat memperoleh berbagai macam informasi dan ilmu pengetahuan. Dari kegiatan mencari informasi atau ilmu pengetahuan di internet ini, Anda tentunya telah memiliki beberapa blog atau website favorit yang menyediakan sumber informasi atau ilmu pengetahuan yang Anda cari.

Agar tidak kehilangan blog-blog atau website-website favorit tersebut, Anda dapat menyimpannya dalam bentuk bookmark dan menjadikan yang terfavorit atau yang paling sering dikunjungi sebagai home page di browser yang Anda gunakan. Anda dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan bookmark dan bagaimana cara membuatnya melalui link (tautan) di akhir artikel ini, sedangkan home page sendiri agak sedikit berbeda dan lebih spesial. Home page adalah laman pertama yang ditampilkan setiap kali browser dijalankan. Apabila sebuah laman blog atau website dijadikan sebagai home page, maka laman blog atau website tersebut langsung ditampilkan tanpa perlu mengetikkan url atau mengklik melalui bookmark-nya.

Anda dapat menentukan laman manapun dari blog atau website manapun sebagai home page sebuah browser. Pengaturan laman sebuah blog atau website sebagai home page di browser berbeda mempunyai cara yang berbeda pula. Sebagian besar browser saat ini masih menggunakan cara biasa untuk menjadikan laman sebuah blog atau website sebagai home page, namun di browser Mozilla Firefox, selain menggunakan cara biasa melalui menu Options, Anda juga bisa menggunakan teknik drag-and-drop. Berikut ini adalah cara menjadikan laman sebuah blog atau website, misalnya termasmedia.com, sebagai home page di browser Mozilla Firefox versi 50.1.0:

1. Menggunakan teknik drag and drop.

Jalankan terlebih dahulu browser Mozilla Firefox Anda, ketikkan "www.termasmedia.com" di URL address bar dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Setelah laman termasmedia.com terbuka, Anda akan melihat ikon (icon) di tab dengan label Home. Arahkan kursor (cursor) tepat di ikon termasmedia.com, drag (tekan dan tahan tombol kiri mouse) dan kemudian seret ke arah tombol Home yang ada di sudut kanan atas.

Menjadikan laman blog atau website tertentu sebagai home page di browser Mozilla Firefox

Setelah kursor tepat berada di atas tombol Home, kemudian lepaskan penekanan tombol kiri mouse (drop).

Menjadikan laman blog atau website tertentu sebagai home page di browser Mozilla Firefox

Apabila langkah di atas (proses drag-and-drop) benar, maka akan muncul kotak dialog Set Home Page. Klik tombol Yes untuk mengakhiri.

Menjadikan laman blog atau website tertentu sebagai home page di browser Mozilla Firefox

2. Melalui menu Options.

Klik tombol Open Menu yang ada di sudut kanan atas (1) dan kemudian pilih Options (2).

Menjadikan laman blog atau website tertentu sebagai home page di browser Mozilla Firefox

Di laman about:preferences yang muncul, di bagian Startup, isikan URL "http://www.termasmedia.com/". Apabila telah selesai, tutup kembali laman about:preferences tersebut. Sekarang setiap kali Anda menjalankan browser Mozilla Firefox, laman termasmedia.com akan langsung dibuka.

Menjadikan laman blog atau website tertentu sebagai home page di browser Mozilla Firefox

Baca artikel terkait lainnya: