Pin It

Berbeda dengan browser-browser lama dahulu, browser modern saat ini cenderung bersih, ramping dan minimalis. Di browser modern, secara standar Anda sudah tidak lagi melihat rangkaian toolbar dengan berbagai macam tombolnya yang justeru lebih mengganggu daripada memberi fungsi praktis. Namun demikian, masing-masing browser menghadirkan toolbar dengan pilihan tombol yang sedikit berbeda. Browser Microsoft Edge dan Google Chrome lebih memilih untuk menyembunyikan tombol Home, sedangkan Mozilla Firefox tetap menyertakan tombol Home.

Tombol Home digunakan untuk mewakili url website terfavorit atau yang paling sering Anda kunjungi agar bisa dibuka cepat dengan sekali klik. Tombol Home akan membawa Anda kembali ke home page dari website yang Anda telah atur sebelumnya (Anda dapat memahami home page di salah satu link di akhir artikel ini). Sebagian besar pengguna browser tidak terlalu peduli dengan ada atau tidaknya tombol Home ini. Bahkan mungkin ada yang belum pernah menggunakannya sama sekali. Namun apabila Anda tipe seorang yang serba ingin praktis, cepat dan sebisa mungkin satu klik saja, ketidak hadiran tombol Home akan sedikit membingungkan.

Secara standar, ketika Anda menginstal atau menggunakan browser Mozilla Firefox versi terbaru , tombol Home sudah ada dan muncul di area sebelah kanan atas. Apabila Anda mendapati tidak adanya tombol Home, hal ini bisa jadi karena terhapus tidak sengaja atau disembunyikan oleh pengguna lain. Apabila diinginkan, Anda dapat menampilkan kembali tombol Home di toolbar browser Mozilla Firefox. Dan kerennya, apabila Anda menggunakan Mozilla Firefox versi terbaru, Anda dapat menggunakan cara drag-and-drop. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Klik tombol Open Menu yang ada di sudut kanan atas (1) dan kemudian pilih Customize (2).

Mengembalikan tombol Home (Home button) yang tidak muncul di browser Mozilla Firefox

Di area Additional Tools and Features Anda dapat menemukan tombol Home. Arahkan kursor (cursor) tepat di tombol Home, drag (tekan dan tahan tombol kiri mouse) dan kemudian seret ke arah toolbar browser Mozilla Firefox yang ada di sudut kanan atas.

Mengembalikan tombol Home (Home button) yang tidak muncul di browser Mozilla Firefox

Setelah kursor tepat berada di atas toolbar browser Mozilla Firefox, lepaskan penekanan tombol kiri mouse (drop).

Mengembalikan tombol Home (Home button) yang tidak muncul di browser Mozilla Firefox

Sekarang tombol Home telah ada kembali di toolbar browser Mozilla Firefox.

Mengembalikan tombol Home (Home button) yang tidak muncul di browser Mozilla Firefox