Pengguna Windows 10 tentu sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Edge, browser baru dan menjandi browser standar yang menggantikan browser Microsoft Internet Explorer. Microsoft Edge adalah browser yang cepat, aman, lebih hemat dalam pemakaian baterai dan juga didesain untuk web-web modern. Sebagai browser baru, Microsoft Edge memang belum bisa menyamai browser-browser populer yang saat ini sedang digunakan seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Microsoft sendiri begitu gencar mempromosikan browser barunya untuk berusaha menarik minat pengguna browser lain.

Dalam usaha menarik pengguna browser lain untuk berpindah menggunakan Edge, Microsoft terus melengkapinya dengan berbagai fitur agar memiliki daya saing dan bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Salah satu fitur yang saat ini sudah ada di Microsoft Edge adalah page prediction. Fitur ini dapat mempercepat proses muat laman web di browser Microsoft Edge. Secara standar, fitur ini telah diaktifkan. Dalam keadaan aktif, Microsoft Edge akan memprediksi laman web mana yang berikutnya akan Anda buka dan kemudian melakukan pra muat laman. Ketika Anda menavigasi ke laman tersebut, laman yang sudah disiapkan dapat ditampilkan lebih cepat di browser Microsoft Edge.

Dengan fitur ini, Microsoft Edge belajar dari kebiasaan Anda berselancar dan tautan-tautan yang ada di laman web dan kemudian memprediksi kemungkinan laman berikutnya yang akan Anda buka. Data-data berselancar Anda juga akan dikirim secara anonim ke Microsoft untuk meningkatkan bagaimana fitur page prediction ini dapat bekerja dengan lebih baik lagi nantinya. Namun jika Anda merasa kawatir tentang privasi, Anda dapat menonaktifkan fitur page prediction ini. Beriku ini adalah cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur page prediction di Microsoft Edge:

Jalankan terlebih dahulu browser Microsoft Edge, klik tombol More yang terletak di sudut kanan atas (1) dan kemudian pilih Settings (2).

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur page prediction di browser Microsoft Edge

Di bagian SETTINGS yang muncul, gulung ke bawah sampai Anda menemukan Advanced settings dan kemudian klik View advanced settings yang ada di bagian bawahnya.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur page prediction di browser Microsoft Edge

Di bagian Advanced settings, gulung kembali ke bawah sampai Anda menemukan toggle switch dengan label Use page prediction to speed up browsing, improve reading, and make my overall experience better. Karena secara standar fitur ini telah diaktifkan (bernilai On), sekarang rubah nilai toggle switch dari On menjadi Off untuk menonaktifkannya. Apabila dikemudian hari Anda ingin mengaktifkan kembali fitur ini, Anda tinggal merubah nilai toggle switch dari Off menjadi On.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur page prediction di browser Microsoft Edge