Tidak dipungkiri lagi bahwa internet telah menjadi sumber informasi dari apa yang kita cari atau inginkan. Berbagai macam informasi dapat Anda peroleh dari internet. Ini merupakan salah satu dampak positif dari keberadaan internet yang bisa kita ambil (baca artikel Pengertian Internet). Maka juga tidak salah apabila internet dikatakan sebagai perpustakaan terbesar di dunia. Namun sebagai pencari informasi, hendaknya Anda juga teliti, tidak langsung mengambil begitu saja. Anda bisa membandingkan informasi yang sama terlebih dahulu dari beberapa sumber di internet dan baru memutuskan bahwa informasi tersebut benar adanya.

Ketika Anda berselancar ke dunia maya atau berinternet untuk mencari informasi, Anda akan disajikan dengan sejumlah besar informasi dari satu atau beberapa laman web (webpage). Di dalamnya mungkin terdapat iklan (advertising) dan mungkin sejumlah informasi yang tidak Anda perlukan. Tidak selamanya Anda akan menyimpan informasi dalam bentuk bookmark di browser, namun sesekali Anda juga akan mencetaknya. Mencetak keseluruhan laman web adalah suatu pemborosan kertas dan tinta printer. Anda dapat mencetak hanya teks atau informasi yang Anda perlukan saja sehingga akan menghemat kertas dan tinta printer. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jalankan browser dan kemudian buka laman web yang Anda inginkan. Blok atau sorot terlebih dahulu teks atau informasi yang ingin Anda cetak ke printer.

Mencetak hanya teks yang diseleksi atau disorot dari sebuah laman web (webpage)

1. Menggunakan browser Google Chrome.

Bila Anda menggunakan browser Google Chrome, selain dapat mencetak melalui Chrome Print Preview dengan menekan tombol keyboard Ctrl+P, Anda juga dapat mencetak melalui Print dialog dengan menekan tombol keyboard Ctrl+Shift+P. Namun demikian, opsi mencetak melalui Print dialog akan lebih mudah dan singkat. Di kotak dialog Print yang muncul, pilih terlebih dahulu printer yang akan digunakan di bagian Select Printer (1), kemudian klik tombol radio (radio button) berlabel Selection di bagian Page Range (2) dan selanjutnya klik tombol Print untuk mulai mencetak (3).

Mencetak hanya teks yang diseleksi atau disorot dari sebuah laman web (webpage)

2. Menggunakan browser Mozilla Firefox.

Di browser Mozilla Firefox, opsi mencetaknya tidak dapat dilakukan melalui tombol Open menu (ada di sudut kanan atas) dan kemudian memilih Print. Opsi Selection dinonaktifkan melalui cara ini. Anda bisa mencetak melalui Print dialog dengan menekan tombol keyboard Ctrl+P. Di kotak dialog Print yang muncul, pilih terlebih dahulu printer yang akan digunakan di bagian Printer (1), kemudian klik tombol radio (radio button) berlabel Selection di bagian Page range (2) dan kemudian klik tombol OK untuk mulai mencetak (3).

Mencetak hanya teks yang diseleksi atau disorot dari sebuah laman web (webpage)

3. Menggunakan browser Microsoft Internet Explorer 11.

Di browser Microsoft internet Explorer 11, Anda dapat memanggil Print dialog dengan dua cara yaitu melalui tombol Tools > Print > Print... atau dengan menekan tombol keyboard Ctrl+P. Di kotak dialog Print yang muncul, pilih terlebih dahulu printer yang akan digunakan di bagian Select Printer (1), kemudian klik tombol radio (radio button) berlabel Selection di bagian Page Range (2) dan selanjutnya klik tombol Print untuk mulai mencetak (3). Apabila diperhatikan, kotak dialog Print antara browser Google Chrome dan Microsoft Internet Explorer 11 memiliki banyak kesamaan.

Mencetak hanya teks yang diseleksi atau disorot dari sebuah laman web (webpage)