Microsoft Internet Explorer
Pin It

Bagi pengguna Windows 10, Anda mungkin telah tahu bahwa sampai versi Windows terbaru, Windows 10 Creators Update, Microsoft masih menyertakan browser lamanya aitu Microsoft Internet Explorer 11. Kita tidak tahu pasti apa yang melatarbelakangi ini sedangkan Microsoft sendiri telah memiliki dan terus mengembangkang browser barunya Microsoft Edge dan juga telah menyertakannya di Windows 10. Di Windows 10 sendiri, Microsoft menjadikan Microsoft Edge sebagai browser standarnya dan tetap menyertakan Microsoft Internet sebagai browser opsional.

Microsoft terus menerus melakukan promosi dan mendorong penggunaan browser Microsoft Edge. Ini tidak hanya ditujukan kepada pengguna browser Microsoft Internet Explorer sendiri namun juga pengguna browser-browser lain yang menjadi pesaing browser Microsoft. Berbagai keunggulan browser Microsoft Edge dimunculkan dan bahkan secara terang-terangan mengklaim bahwa Microsoft Edge menjadi browser terbaik diantara browser-browser lain yang ada dengan bukti serangkaian hasil tes. Benarkah bahwa Microsoft Edge adalah browser terbaik saat ini? Pertimbangannya tidak cukup mana yang terbaik, namun juga sisi kelengkapan fitur.

Microsoft Edge adalah browser standar di Windows 10. Tetap disertakannya Microsoft Internet Explorer di Windows 10 mungkin disebabkan karena masih terbatasnya fitur yang ada di Microsof Edge. Ini mungkin menjadi alasan pertama Microsoft. Kita tahu bahwa Microsoft Edge adalah browser baru, browser yang memang dikembangkan dari awal dan bukan penerus dari Microsoft Internet Explorer. Browser baru cenderung belum memiliki fitur-fitur yang kurang lengkap bila dibandingkan dengan browser-browser modern yang ada saat ini.

Alasan kedua Microsoft tetap menyertakan browser Microsoft Internet Explorer di Windows 10 adalan kesesuaian (compatibility reason). Tidak semua website di dunia adalah website yang telah menggunakan teknologi web modern, tentunya tidak sedikit website-website lama yang masih menggunakan teknologi web sebelumnya. Microsoft ingin menjaga agar kliennya tetap dapat membuka website lama mereka menggunakan browser Microsoft Internet Explorer.

Di versi Windows terbarunya, Microsoft Windows 10 version 1703 Creators Update, selain penambahan dan serta penyempurnaan fitur-fitur Windows sendiri, Microsoft juga melakukan penambahan dan penyempurnaan fitur-fitur yang terdapat di aplikasi-aplikasi bawaan Windows 10 dan salah satunya adalah browser Microsoft Edge. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Microsoft Edge telah semakin siap untuk menggantikan peran browser lamanya dan juga dapat menjadi opsi browser pertama yang digunakan diantara browser-browser yang ada.

Nampaknya Microsoft semakin yakin bahwa Microsoft Edge telah hampir menjadi browser yang bisa diandalkan untuk menjalankan website-website modern saat ini dan semakin mendorong penggunaan dan pemanfaatannya. Di Windows 10 version 1703 Creators Update, apabila Anda membuka browser Microsoft Internet Explorer, Anda akan mendapati tombol Open Microsoft Edge yang berada tepat di samping kanan tombol New tab. Apa ini maksudnya, apakah fitur baru yang ditambahkan di browser Microsoft Internet Explorer?

Walaupun Microsoft sendiri masih merawat Microsoft Internet Explorer dan tetap meyempurnakannya, Microsoft ingin memberi citra baik pada browser lamanya sebelum akhir masa pakai untuk menutup kegagalan yang pernah terjadi di Microsoft Internet Explorer 8. Penulis sendiri tidak menganggap bahwa tombol Open Microsoft Edge adalah fitur baru browser Microsoft Internet Explorer. Keberadaan tombol Open Microsoft Edge lebih pada dorongan Microsoft kepada pengguna browsernya untuk beralih dan menggunakan Microsoft Edge.

Jika Anda pengguna browser Microsoft Internet Explorer atau Anda sedang mencoba menggunakan Microsoft Internet Explorer untuk mengetahui penyempurnaan yang telah dilakukan Microsoft untuk browser ini, Anda dapat beralih dengan cepat dari browser ini ke browser Microsoft Edge. Yang perlu Anda lakukan adalah hanya mengklik tombol Open Microsoft Edge yang berada di samping kanan tombol New tab. Yang perlu Anda ketahui, ketika jendela browser Microsoft Edge terbuka, Microsoft Edge tidak membuka langsung semua laman web (web page) yang terbuka di Microsoft Internet Explorer sebelumnya.

Cara membuka cepat browser Microsoft Edge dari Microsoft Internet Explorer