Internet dapat dikatakan sebagai perpustakaan terbesar di dunia. Ada begitu banyak berita, informasi, dan pengetahuan yang tersebar di sana. Anda perlu mempunyai koneksi internet, membuka browser, mencari informasi yang diperlukan dengan mengetikkan kata kunci di kotak pencarian browser, mengklik satu atau beberapa hasil pencarian untuk membuka laman web (web page) yang berisi informasi tersebut. Bila informasi yang diperoleh kurang lengkap, Anda dapat mengulangi lagi sampai mendapatkan informasi lengkap yang diinginkan.

Browser modern saat ini mempunyai kemampuan yang cukup baik untuk membuka banyak tab. Jika Anda mencari berita, informasi, atau pengetahuan di internet, sangat dimungkinkan Anda akan membuka begitu banyak tab dari browser yang Anda gunakan. Tab browser selain menampilkan ikon atau logo website, juga menampilkan judul artikel yang Anda buka. Namun demikian, bila Anda membuka cukup banyak tab, tab akan semakin menyempit dan mungkin hanya menampilkan logonya saja dan judul arikel akan tertutupi. Ini tentu akan menyulitkan Anda ketika ingin mencari berita, informasi, atau pengetahuan di tab tertentu yang sudah Anda buka.

Anda perlu berpindah dari satu tab ke tab lain untuk bisa menemukan berita, informasi atau pengetahuan yang diinginkan. Karena Anda tidak dapat melihat judul artikel karena tertutup tab yang menyempit, Anda perlu waktu untuk bisa menemukan tab yang berisi berita, informasi, atau pengetahuan yang sedang Anda cari. Menemukan tab yang benar di antara begitu banyak tab yang terbuka bisa cukup menyulitkan. Anda dapat mengalami masalah ini ketika Anda menggunakan browser selain Microsoft Edge. Kenapa demikian?

Jika Anda telah menggunakan Windows 10 version 1703 Creators Update, browser Microsoft Edge memiliki fitur yang disebut dengan SET ASIDE. Fitur SET ASIDE ini tidak terdapat di browser Microsoft Edge di Windows 10 versi sebelumya. Microsoft cukup banyak menambahkan fitur baru di browser Microsoft Edge yang disertakan di Update versi Windows terbarunya ini. Terus apa kegunaan dari fitur SET ASIDE di browser Microsoft Edge?

Fitur SET ASIDE sejatinya terdiri dari dua tombol yang terdapat di sudut kiri atas browser Microsoft Edge. Kedua tombol tersebut adalah Set these tabs aside dan Tabs that you've set aside. Kedua tobol tersebut berpasangan dalam penggunaannya. Secara standar, jika Anda hanya mempunyai hanya satu tab yang terbuka di browser Microsoft Edge, maka tombol Set these tabs aside akan nonaktif. Jika Anda memiliki minimal dua tab yang terbuka, maka tombol Set these tabs aside akan aktif.

Fitur SET ASIDE pada intinya digunakan untuk memindahkan tab-tab terbuka di tempat berbeda sehingga Anda dapat melanjutkan berselancar dengan membuka tab baru lagi tanpa gangguan. Sehingga jumlah tab-tab keseluruhan yang Anda buka tidak semakin bertambah banyak dan menumpuk. Anda kemudian dapat memulihkan kembali satu-persatu tab atau secara keseluruhan. Ini menjadi fitur yang diperlukan ketika Anda perlu membuka cukup banyak tab-tab browser. Berikut ini adalah cara menggunakannya:

Jalankan browser Microsoft Edge dan kemudian buka beberapa laman web. Microsoft Edge akan menampilkan tab-tab untuk masing-masing laman web. Klik tombol Set these tabs aside yang ada di sudut kanan atas.

Menggunakan fitur SET ASIDE di browser Microsoft Edge

Tab-tab yang sebelumnya ada akan dihilangkan dan hanya menampilkan New tab. Klik tombol Tabs that you've set aside yang ada di samping kiri tombol Set these tabs aside (1) dan akan muncul panel yang berisi thumbnail dari tab-tab yang terbuka sebelumnya. untuk mengaktifkan kembali tab tunggal, klik salah satu thumbnail dari tab yang Anda inginkan (2).

Menggunakan fitur SET ASIDE di browser Microsoft Edge

Tab tersebut akan kembali dipulihkan atau diaktifkan (1), sedang thumbnail dari tab yang ada di panel akan dihilangkang. Untuk memulihkan atau mengaktifkan kembali semua tab, klik tautan Restore tabs (2).

Menggunakan fitur SET ASIDE di browser Microsoft Edge

Semua tab akan kembali dipulihkan atau diaktifkan dan panel dari tombol Tabs that you've set aside akan kosong kembali.

Menggunakan fitur SET ASIDE di browser Microsoft Edge