Apa browser favorit Anda untuk kegiatan berselancar di internet, Mozilla Firefox? Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang banyak digunakan selain Google Chrome dan Microsoft Edge. Browser Mozilla Firefox sendiri memiliki keunggulan berupa fitur yang lengkap dan juga tersedianya begitu banyak ekstensi untuk menambah fungsionalitasnya. Sebagai pengguna browser ini, Anda tentunya telah memiliki cukup banyak bookmarks atau history yang tersimpan di dalamnya.

Bookmarks adalah tautan ke website yang sering dikunjungi, sedangkan history adalah laman website yang baru-baru ini dikunjungi. Browser Firefox memiliki fitur sidebar untuk memudahkan Anda mengakses bookmarks, history dan juga synced tabs yaitu tab terbuka yang bisa diakses dari berbagai perangkat yang menggunakan browser Mozilla Firefox. Secara standar, sidebar Firefox ini ditampilkan di sebelah kiri. Namun mulai di Firefox 55.0 ke atas, Anda dapat memindahkan sidebar ini ke kanan dengan sekali klik.

Sidebar Firefox dapat ditampilkan dengan mudah. Untuk menampilkan sidebar bookmarks, cukup gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+B, sedangkan untuk sidebar history, gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+H. Alternatif lainnya adalah menggunakan menu, Anda dapat menekan tombol keyboard Ctrl untuk menampilkan menu browser Firefox, kemudian klik menu View > Sidebar dan selanjutnya pilih Bookmarks, History atau Synced Tabs. Berikut ini adalah cara memindahkan sidebar browser Firefox dari kiri ke kanan dan sebaliknya:

Jalankan browser Mozilla Firefox dan kemudian tampilkan sidebar Firefox dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Contoh di artikel ini menggunakan sidebar bookmarks (Ctrl+B).

Memindahkan sidebar browser Firefox dari kiri ke kanan

Klik Bookmark (1) dan kemudian pilih atau klik Move Sidebar to Right (2).

Memindahkan sidebar browser Firefox dari kiri ke kanan

Sekarang Anda dapat melihat sidebar Firefox telah berada di posisi sebelah kanan.

Memindahkan sidebar browser Firefox dari kiri ke kanan

Untuk mengembalikan ke posisi kiri (posisi sebelumnya), ulangi langkah yang sama. Klik Bookmark (1) dan kemudian pilih atau klik Move Sidebar to Left (2).

Memindahkan sidebar browser Firefox dari kiri ke kanan