Google Chrome 64 bit lebih baik dibandingkan Google Chrome 32 bit

Ada banyak sekali browser yang dapat menjadi pilihan untuk digunakan dalam mengakses laman web. Tiga browser utama yang banyak digunakan sampai saat ini diantaranya adalah Google Chrome, Mozilla Firefox dan Microsoft Edge. Nah, diantara ketiga browser tersebut, mana yang menjadi favorit Anda? Google Chrome tentunya masih menjadi browser yang paling dominan digunakan. Google Chrome merupakan browser buatan Google yang cepat, aman dengan desain minimal.

Pada awalnya, Google hanya menyediakan Google Chrome 32-bit yang dapat berjalan di Microsoft Windows 32-bit maupun 64-bit. Di pertengahan tahun 2014, Google merilis Google Chrome 64-bit. Google Chrome 64-bit akan memanfaatkan kelebihan dan kemampuan yang terdapat pada tipe sistem Microsoft Windows 64-bit. Browser Google Chrome 64-bit hanya dapat dipasang (install) di Microsoft Windows 64-bit.

Dari hasil pengujian dengan tool pembanding (benchmarking tool) yang dipublikasikan di banyak artikel, Google Chrome 64-bit memiliki kecepatan dan performa yang lebih baik dalam hal pengukuran kinerja puncak aplikasi web, proses rendering dan penanganan fungsi-fungsi umum JavaScript, proses rendering obyek 2D dan 3D serta penanganan banyak operasi CSS. Anda juga tidak perlu kawatir karena Google Chrome 64-bit mendukung sama baik standar HTML5 sebagaimana Google Chrome 32-bit.

Apakah kelebihan Google Chrome 64-bit hanya terdapat pada kecepatan dan performa yang lebih baik bila dibandingkan dengan Google Chrome 32-bit? Tidak, Google Chrome 64-bit juga memiliki kelebihan lain terkait dengan keamanan dan stabilitasnya. Sebagaimana diinformasikan di blog.chromium.org, pemanfaatan fitur Windows terbaru seperti High Entropy ASLR akan berdampak pada peningkatan keamanan Google Chrome 64-bit. Tingkat crash dari proses rendering di Google Chrome 64-bit hampir setengah dari Google Chrome 32-bit yang menandakan bahwa Google Chrome 64-bit juga lebih stabil bila dibandingkan dengan Google Chrome 32-bit.

Haruskah Anda menggunakan Google Chrome 64-bit? Tergantung, apakah Microsoft Windows Anda 32-bit atau 64-bit. Bila Microsoft Windows Anda adalah 32-bit, Anda hanya dapat menggunakan Google Chrome 32-bit. Bila Microsoft Windows Anda adalah 64-bit, seharusnya Anda menggunakan Google Chrome 64-bit. Di awal hadirnya Google Chrome 64-bit, Anda masih bisa mengunduh dan menggunakan Google Chrome 32-bit di Microsoft Windows 64-bit. Dimulai dari Google Chrome 58, bila Microsoft Windows Anda adalah 64-bit, Anda hanya akan mendapatkan Google Chrome 64-bit.

Jika Anda cukup memahami komputer, tidak akan ada kesulitan untuk mengetahui apakah menggunakan Microsoft Windows 32-bit atau 64-bit. Setelah Anda mengetahui tipe sistem Microsoft Windows, Anda sudah dapat memperkirakan Google Chrome yang terinstal di Microsoft Windows. Namun demikian, Anda dapat memastikan sendiri apakah benar Anda sedang menggunakan Google Chrome 32-bit atau 64-bit.

Jalankan atau buka browser Google Chrome, di sudut kanan atas, klik tombol Customize and control Google Chrome (1), kemudian pilih menu Help (2) dan selanjutnya pilih About Google Chrome (3).

Google Chrome 64 bit lebih baik dibandingkan Google Chrome 32 bit

Di laman yang muncul, Anda dapat melihat apakah menggunakan Google Chrome 32-bit atau Google Chrome 64-bit.

Google Chrome 64 bit lebih baik dibandingkan Google Chrome 32 bit