Microsoft Windows mempunyai utilitas penting bernama Task Manager. Task Manager Windows digunakan untuk memonitor program dan layanan yang sedang berjalan. Task Manager Windows akan menampilkan statistik informatif tentang performa komputer. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk memulai atau menghentikan program. Sesekali ketika salah satu program mengalami masalah (hang), Anda dapat mengakhiri program tersebut menggunakan utilitas ini.

Sebagaimana Microsoft Windows, browser Google Chrome juga mempunyai built-in Task Manager. Task Manager Chrome akan menampilkan informasi terkait dengan banyaknya memori dan CPU yang digunakan oleh laman web, ekstensi dan juga proses-proses lainnya. Anda dapat memanfaatkan Task Manager Chrome ini ketika browser Chrome menjadi lambat, menggunakan memori berlebihan atau mengalami masalah atau hang.

Ketika Task Manager Chrome dijalankan, Anda dapat melihat semua laman web yang sedang terbuka, ekstensi dan juga proses-proses yang saat ini digunakan Google Chrome. Anda juga dapat melihat seberapa banyak pemakaian memori dan CPU oleh masing-masing laman web, ekstensi dan proses yang sedang digunakan selain juga proses ID dan aktifitas network.

Dari informasi yang ditampilkan oleh Task Manager Chrome ini, Anda dapat melihat apakah ada laman web, ekstensi atau proses yang menggunakan memori atau CPU berlebihan. Jika Anda mendapati yang demikian dan diperkirakan menjadi penyebab permasalahan, Anda dapat menghentikannya. Caranya cukup mudah sebagaimana di Task Manager Windows, cukup sorot laman web, ekstensi atau proses yang ingin dihentikan dan kemudian klik tombol End process.

1. Membuka Task Manager Google Chrome.

Klik tombol Customize and control Google Chrome (tombol dengan tiga titik vertikal) yang terletak di sudut kanan atas (1), kemudian pilih More tools (2) dan selanjutnya pilih Task manager (3).

Membuka dan menggunakan Chrome Task Manager

Task Manager Google Chrome langsung dibuka atau dijalankan.

Membuka dan menggunakan Chrome Task Manager

2. Menghentikan laman web, ekstensi atau proses.

Pilih atau sorot laman web, ekstensi atau proses yang ingin dihentikan (1) dan kemudian klik tombol End process (2).

Membuka dan menggunakan Chrome Task Manager